Ribuan Petugas Gabungan Disiagakan BPBD dan PMI di Jalur Rawan Longsor Cianjur

Minggu, 02 Oktober 2022 – 16:00 WIB
Ribuan Petugas Gabungan Disiagakan BPBD dan PMI di Jalur Rawan Longsor Cianjur - JPNN.com Jabar
Ilustrasi personel gabungan BPBD Cianjur, Jawa Barat. (ANTARA/Ahmad Fikri).

jabar.jpnn.com, CIANJUR - BPBD Cianjur, Jawa Barat, menyiagakan seratusan Relawan Tangguh Bencana (Retana) di sepanjang jalur rawan longsor di wilayah selatan Cianjur.

Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi dan penanganan cepat ketika terjadi bencana seiring tingginya curah hujan.

Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Wibowo mengatakan seratusan Retana yang disiagakan mulai dari jalur Cibeber, Sindangbarang dan jalan nasional di Kecamatan Naringgul.

Seratusan Retana itu bertugas melakukan pengawasan, pendataan dan pelaporan serta melakukan evakuasi ketika melihat tanda alam akan terjadi bencana.

"Retana juga akan berkoordinasi dengan aparat setempat serta relawan lainnya, sehingga saat terjadi bencana dapat langsung melaporkan dan melakukan penanganan cepat sebelum petugas datang ke lokasi," katanya, Minggu (2/10).

Pihaknya mencatat sebagian besar jalur utama Cianjur menuju wilayah selatan rawan terjadi longsor karena terdapat tebing tinggi dan banyak pohon besar berbagai ukuran yang rawan tumbang, sehingga pengendara diimbau ekstra hati-hati dan waspada.

Retana yang bertugas juga diminta untuk mengimbau pengguna jalan dan warga sekitar, untuk mengikuti petunjuk ketika hujan deras dengan intensitas lama atau lebih dari dua jam karena dapat memicu terjadinya bencana alam.

Kepala Bidang Kebencanaan PMI Cianjur, Dodi Permana mengatakan untuk membantu pengawasan dan penanganan cepat ketika terjadi bencana, pihaknya menyiagakan seluruh Korps Sukarela (KSR) PMI hingga tingkat kecamatan termasuk melakukan pendataan dan evakuasi terhadap warga.

Sekitar seratusan Retana dan ribuan KSR PMI disiagakan Pemkab Cianjur di sepanjang jalur rawan longsor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News