Demi Mencegah Banjir, Pemkab Bekasi Normalisasi 3 Sungai Sepanjang 13 Kilometer

Jumat, 26 April 2024 – 08:30 WIB
Demi Mencegah Banjir, Pemkab Bekasi Normalisasi 3 Sungai Sepanjang 13 Kilometer - JPNN.com Jabar
Ilustrasi proses normalisasi kali. Foto : Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi menormalisasi tiga titik sungai sekaligus, yakni Kalen (sungai) Rasmi, Kali Ulu, dan Kali Pisang Batu sepanjang total 13 kilometer menggunakan alokasi pembiayaan dari APBD tahun ini.

"Dari ketiga sungai yang dilakukan normalisasi panjangnya kurang lebih 13 kilometer di antaranya Kalen Rasmi 3,5 kilometer, Kali Ulu 4,8 kilometer dan Kali Pisang Batu sepanjang 4,5 kilometer," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Dia mengatakan kegiatan normalisasi ketiga aliran sungai tersebut mulai dikerjakan pada 20 Maret dengan waktu pelaksanaan selama 120 hari atau hingga 17 Juli 2024.

Kegiatan normalisasi ini sebagai upaya pemerintah daerah mencegah banjir yang terjadi di kompleks permukiman dan perumahan penduduk, memperlancar debit air irigasi areal persawahan sekaligus mengembalikan kondisi sungai seperti semula.

Dani mengaku ada sedikit kendala pada proses normalisasi, yakni penolakan petani dikarenakan terdapat sempadan sungai yang dimanfaatkan secara tidak sah oleh masyarakat baik untuk bangunan maupun perluasan areal sawah sehingga saluran irigasi semakin menyempit.

"Dan ini telah kami selesaikan dengan koordinasi bersama pihak kecamatan sehingga pemilik bangunan liar dan para petani yang memanfaatkan sempadan ini akhirnya bisa menerima," ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi akan melakukan normalisasi di beberapa sungai lain yang mengalami penyempitan dan pendangkalan sehingga setiap volume debit aliran sungai dapat berjalan lancar dan optimal.

"Kami akan terus lakukan normalisasi hingga ke hulu-hulu sampai ruas sungai lain agar seluruh aliran dan tata kelola air di Kabupaten Bekasi bisa lebih baik lagi," ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi menormalisasi tiga titik sungai sekaligus, yakni Kalen (sungai) Rasmi, Kali Ulu, dan Kali Pisang Batu sepanjang total 13 kilometer.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News