Penggunaan VAR Championship Series Liga 1 Siap Kawal Sejumlah Keputusan Wasit

Rabu, 24 April 2024 – 15:00 WIB
Penggunaan VAR Championship Series Liga 1 Siap Kawal Sejumlah Keputusan Wasit - JPNN.com Jabar
Asisten Instruktur VAR PSSI Fachrizal Tahar saat memaparkan materi VAR atau asisten wasit video kepada para pemain Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - PT Liga Indonesia Baru (LIB) dipastikan akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR) pada pelaksanaan championship series Liga 1.

Empat besar tim reguler series akan menjalani babak play-off untuk memperebutkan gelar juara, salah satunya adalah Persib Bandung.

Pada sosialisasi penggunaan asisten wasit video ini, Asisten Instruktur VAR PSSI Fachrizal Tahar memaparkan soal teknis kerja teknologi VAR pada pertandingan sepak bola.

Fachrizal menuturkan, ada beberapa hal terkait laga yang akan diperhatikan menggunakan alat VAR. Beberapa di antaranya adalah perihal gol, pelanggaran berat oleh pemain yang mengakibatkan pemberian kartu merah, pelanggaran di kotak penalti, dan lain sebagainya.

“Kalau VAR mengintervensi itu protokol ada gol/no gol, masalah (pemberian) kartu merah, masalah identitas yang salah untuk memberikan, kemudian di dalam penalti area, penalti/no penalti,” kata Fachrizal di Kota Bandung, Rabu (24/4).

Menurut Fachrizal, satu hal yang tidak akan diintervensi oleh teknologi VAR adalah pelanggaran ringan pemain yang mengakibatkan pemberian kartu kuning.

Sanksi kartu kuning pemain tetap akan diputuskan oleh pengadil di lapangan.

“Kartu kuning VAR tidak bisa memberikan intervensi karena itu sudah domain wasit. Kalau VAR mengintervensi, wasit tidak kerja nantinya,” ujarnya.

Sejumlah keputusan wasit dalam pertandingan sepak bola akan dikawal oleh penggunaan teknologi VAR. Begini penjelasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News