Ini Penyebab RSUD Timur Kota Depok Belum Bisa Merawat Pasien Umum

Kamis, 31 Maret 2022 – 20:50 WIB
Ini Penyebab RSUD Timur Kota Depok Belum Bisa Merawat Pasien Umum - JPNN.com Jabar
Wali Kota Depok Mohammad Idris. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, KOTA DEPOK - Meski per hari esok Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anugerah Sehat Afiat (ASA) atau RSUD Timur mulai beroperasi sebagai isolasi terpusat (isoter) untuk pasien Covid-19, tetapi RSUD tersebut belum bisa melayani pasien umum.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, untuk bisa melayani pasien umum RSUD ASA mesti memiliki sejumlah peralatan dan fasilitas pendukung sebagaimana termaktub dalam peraturan menteri yang baru.

"Misalnya jumlah bed mesti 100, harus memiliki ICU, NICU, PICU ditambah sejumlah peralatan UGD lainnya, semuanya harus sudah siap," ucap Idris, Kamis (31/3).

Saat ini peralatan di RSUD Timur atau RSUD ASA belum lengkap, dan masih akan belanja pengadaan barang dengan menunggu Anggaran Belanja Tambahan (ABT).

"Nanti kami akan hitung berapa kebutuhannya, sisa anggaran di tahun ini berapa. Agar nanti dianggarkan dan kami pilih yang menjadi prioritas," terangnya.

Idris menyebut RSUD Timur ini diprakirakan akan bisa difungsikan untuk umum pada Juli ataupun Agustus.

"Kalau bisa di Juli atau Agustus nanti bisa terealisasi, karena kami masih menunggu sebagian dari ABT," tutupnya. (mcr19/jpnn)

Meski RSUD Timur atau RSUD ASA mulai beroperasi per hari esok sebagai isoter untuk pasien Covid-19, tetapi RSUD tersebut belum bisa menerima pasien umum.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News