Dinkes Cianjur Temukan Warga Positif Covid-19

Selasa, 19 Desember 2023 – 17:52 WIB
Dinkes Cianjur Temukan Warga Positif Covid-19 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Seorang warga di Kabupaten Cianjur dinyatakan positif Covid-19, setelah melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur, Yusman Faisal mengatakan pasien tersebut saat ini tengah menjalani isolasi mandiri, untuk mencegah penularan lebih meluas.

Yusman menduga, warga asal Cianjur yang bekerja di Jakarta itu terpapar di tempatnya bekerja, dan saat pulang mengeluhkan sakit dengan gejala Covid-19.

"Ini kasus pertama dan langsung dilakukan isolasi mandiri di rumah pasien pria itu, di bawah pengawasan tenaga kesehatan dari puskesmas setempat. Sebelumnya dilakukan tes PCR terhadap pasien tersebut," kata Yusman, dikutip Selasa (19/12).

Seiring temuan pasien positif Covid-19, kata Yusman, pihaknya menggencarkan pemeriksaan awal menyeluruh terhadap warga yang mengeluhkan sakit dengan gejala Covid-19, termasuk menyiapkan ruangan isolasi di setiap puskesmas untuk mencegah penularan.

Sedangkan upaya lainnya, Dinkes Cianjur sudah mengajukan ketersediaan vaksin ke pemerintah provinsi Jawa Barat.

"Kasus Covid-19 saat ini diprediksi tidak terlalu membahayakan, penyembuhan terhadap pasien 100 persen dapat dilakukan, namun fokus penanganan terhadap pasien yang memiliki risiko penyakit bawaan, sehingga tempat isolasi di puskesmas dan rumah sakit disiapkan," katanya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meminta masyarakat untuk kembali menerapkan protokol kesehatan (prokes), termasuk 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi keramaian, dan mengurangi mobilitas.

Seorang warga di Kabupaten Cianjur dinyatakan positif Covid-19, setelah melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News