Ade Yasin Bantah Beri Uang Rp 100 Juta Buat Beasiswa Eks Kepala BPK Jabar Agus Khatib

Rabu, 20 Juli 2022 – 17:40 WIB
Ade Yasin Bantah Beri Uang Rp 100 Juta Buat Beasiswa Eks Kepala BPK Jabar Agus Khatib - JPNN.com Jabar
Kuasa hukum Ade Yasin, Dinalara Dermawati Butar-Butar seusai sidang eksepsi di Pengadilan Negeri Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Rabu (20/7). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Bupati nonaktif Bogor Ade Yasin didakwa memberi suap kepada empat pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat untuk raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Pemkab Bogor tahun 2021.

Dalam dakwaan Jaksa penuntut umum (JPU) terungkap bahwa Ade Yasin memberikan uang senilai Rp 100 juta untuk kontribusi uang sekolah eks Kepala BPK Jabar Agus Khatib.

Terdakwa Ade Yasin membantah dakwaan tersebut. Dalam berkas eksepsi, terdakwa melalui tim kuasa hukumnya mengatakan, bahwa kliennya tidak pernah memberikan uang kepada Agus Khatib untuk membayar uang kuliah.

“Di sisi lain juga mendakwakan terkait dengan pemberian uang dari terdakwa kepada Agus Khatib dalam rangka membayar biaya sekolah yang mengenai hal ini disangkal oleh Agus Khatib,” kata Kuasa hukum Dinalara Dermawati Butar-Butar saat membacakan eksepsi Ade Yasin di Pengadilan Negeri Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Rabu (20/7).

Pernyataan itu didukung dengan bantahan dari pihak Agus Khatib yang mengaku tidak pernah meminta uang tersebut, sebab kuliah doktornya beasiswa.

“Karena memang Agus Khatib juga kuliah S3 adalah beasiswa dan bahkan terdakwa juga tidak pernah melakukannya atau tidak pernah memberikan uang kepada Agus Khatib untuk membayar uang kuliah,” ujar dia.

Sebelumnya, JPU dalam dakwaannya mengungkap bahwa suap yang dilakukan Ade Yasin dan jajarannya akan dipakai untuk kontribusi biaya sekolah eks Kepala BPK Jabar Agus Khatib.

JPU menuturkan, bahwa terdakwa Ade Yasin selaku Bupati Bogor saat pemeriksaan tahunan oleh BPK Jabar terhada LKPD Kabupaten Bogor tahun anggaran 2020 telah memberikan arahan kepada Ihsan Ayatullah selaku Kepala Sub Bidang Kas Daerah pada BPKAD Pemkab Bogor untuk mengondisikan sejumlah temuan-temuan.

Bupati nonaktif Bogor Ade Yasin membantah memberikan uang senilai Rp 100 juta untuk kontribusi biaya sekolah eks Kepala BPK Jabar Agus Khatib.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News