Pemasangan Mahkota Tugu Pancakarsa Senilai Rp 500 Juta Akan Dilakukan Setelah Lebaran 2023

Senin, 27 Maret 2023 – 19:05 WIB
Pemasangan Mahkota Tugu Pancakarsa Senilai Rp 500 Juta Akan Dilakukan Setelah Lebaran 2023 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Kabupaten Bogor. Potret Tugu Pancakarsa Kabupaten Bogor. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menjadwalkan pemasangan mahkota senilai Rp 500 juta untuk Tugu Pancakarsa di Simpang Sirkuit Sentul, setelah Lebaran 2023.

"Itu (pemasangannya) sebentar, tetapi produksinya diperkirakan sampai sebulan. Iya, anggarannya Rp 500 juta," kata Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Ajat Rohmat Jatnika, Senin (27/3).

Menurutnya saat ini paket pekerjaan untuk pemasangan mahkota baru saja memasuki tahap lelang proyek.

Mahkota atau bagian atas tugu yang terletak di Simpang Sirkuit Sentul, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor itu berkonsep modern dengan lambang Kabupaten Bogor.

“Jadi, tinggal ornamen mahkotanya itu apakah memang kombinasi kekinian seperti bermain lighting, atau nanti mahkotanya dibuat berputar atau dia dibuat seperti bola bulat, biar kelihatan sana-sini, nanti itu yang kami modifikasi,” papar Ajat.

Ia menjelaskan penggunaan lambang Kabupaten Bogor untuk mahkota Tugu Pancakarsa sudah sesuai dengan pendapat para budayawan dan sejarawan untuk tetap mengedepankan filosofi budaya dan sejarah Bogor.

Namun, Ajat menjelaskan bahwa elemen yang akan diambil dari lambang Kabupaten Bogor hanya sebagian saja, tidak menyeluruh.

"Kalau lambang pemda kan ada kuningnya, tetapi kalau lambang Kabupaten Bogor sendiri ada yang di hijaunya itu, di dalamnya, yang Sayaga, Prayoga, Tohaga itu. Kemarin menyampaikan logo itulah yang ditonjolkan," paparnya.

Pemkab Bogor menjadwalkan pemasangan mahkota senilai Rp 500 juta untuk Tugu Pancakarsa di Simpang Sirkuit Sentul, setelah Lebaran 2023.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News