Polres Pangandaran Tak Hadir, Sidang Perdana Praperadilan Mantan Sekdis Ditunda

Sabtu, 29 Juni 2024 – 17:50 WIB
Polres Pangandaran Tak Hadir, Sidang Perdana Praperadilan Mantan Sekdis Ditunda - JPNN.com Jabar
Ilustrasi persidangan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, PANGANDARAN - Mantan Sekretaris Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran Tjomi mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Ciamis.

Gugatan dilayangkan Tjomi untuk menguji penetapan tersangka oleh Polres Pangandaran kepada dirinya atas kasus dugaan pelecehan seksual gadis tuna grahita.

Sidang perdana praperadilan kasus tersebut digelar di Pengadilan Negeri Ciamis pada Jumat (28/6). Namun, sidang tidak sampai masuk ke pokok perkara karena termohon, Polres Pangandaran tidak hadir. Sidang ditunda hinga 8 Juli 2024.

Kuasa hukum Ts, Rian Irawan, menyayangkan ketidakhadiran Polres Pangandaran pada sidang perdana tersebut. Padahal, praperadilan jadi hak tersangka yang diatur Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana untuk menguji sah atau tidaknya penetapan tersangka

"Ketidakhadiran termohon dalam sidang perdana praperadilan ini mempertegas kecurigaan kami atas adanya tindakan tak profesional sebagai penegak hukum dalam penanganan kasus ini," kata Rian dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Sabtu (29/6).

Di sisi lain, ia turut menyampaikan prihatin atas apa yang dialami oleh korban, yang sehari-hari mengenal dekat dengan Tjomi. Sehingga, pihaknya meragukan laporan terkait dugaan pelecehan seksual yang dilakukan kliennya terhadap korban.

"Mengingat kebaikan yang dilakukan oleh Tjomi klien kami, apakah mungkin seorang Tjomi setega itu melakukan pelecehan terhadap korban," katanya.

Hubungan Tjomi dengan korban sendiri, keduanya sama-sama berada di yayasan sosial terkait penyandang disabilitas. Adapun korban merupakan tuna grahita.

Mantan Sekretaris Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran Tjomi mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Ciamis.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News