Ratusan UMKM Unjuk Gigi di Gelaran KKJ-PKJB 2024 Kota Bandung

Jumat, 28 Juni 2024 – 18:20 WIB
Ratusan UMKM Unjuk Gigi di Gelaran KKJ-PKJB 2024 Kota Bandung - JPNN.com Jabar
Salah satu stand fnb dalam kegiatan Karya Kreatif Jawa dan Pekan Kreatif Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2024 di Trans Convention Center, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung, Jumat (28/6/2024). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Ratusan pelaku UMKM asal Jawa Barat (Jabar) memeriahkan gelaran Karya Kreatif Jawa dan Pekan Kreatif Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2024 di Trans Convention Center, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung. 

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi Bank Indonesia dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk mendukung kemajuan produk dalam negeri. 

KKJ-PKJB berlangsung selama tiga hari pada 28 - 30 Juni 2025 dengan ratusan produk dalam negeri, mulai dari fesyen, kerajinan tangan, dan juga fnb (food and beverages). 

Dalam acara KKJ-PKJB pun terdapat banyak kegiatan bersama para pakar dengan berbagai tema, di antaranya diskusi mengenai wastra nusantara, pelatihan olahan pangan, hingga peragaan busana khas Jawa Barat.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Aida S. Budiman mengatakan, pameran ini merupakan salah satu upaya dalam pengembangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Selama ini peran UMKM sangat penting dalam pertumbuhan perekonomian di dalam negeri karena memberikan sumbangsih pada produk domestik bruto (PDB) mencapai 60 persen.

"Kami selalu memberikan binaan pada UMKM akan mereka ke depan bisa meningkatkan penjualannya termasuk lewat ekspor dengan harapan bisa mencapai Rp1 triliun rupiah," kata Aida dalam pembukaan KKJ-PKJB 2024, Jumat (28/6/2024).

Menurutnya, potensi UMKM di Jabar masih sangat tinggi karena banyak sektor belum tergali secara maksimal. Misalnya dari segi pembiayaan pun masih mencapai angka 20 persen saja dan diharap bisa tembus di angka 30 persen.

Ratusan pelaku UMKM asal Jawa Barat memeriahkan gelaran Karya Kreatif Jawa dan Pekan Kreatif Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2024 di Trans Convention Center, Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News