Gempa Bumi Berkekuatan 4,4 Magnitudo Guncang Kabupaten Sukabumi

Rabu, 22 Maret 2023 – 09:52 WIB
Gempa Bumi Berkekuatan 4,4 Magnitudo Guncang Kabupaten Sukabumi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Gempa berkekuatan 4,4 magnitudo mengguncang Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya, pada Rabu (22/3) sekitar pukul 08.24 WIB.

Berdasarkan hasil analisis dari BMKG, gempa bumi ini berkekuatan 4,4 magnitudo dengan episenter terletak pada koordinat 7.75 LS dan 106.85 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 km tenggara Kabupaten Sukabumi, dengan kedalaman 31 km.             

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar dasar laut Lempeng Eurasia (Intraplate Earthquake).          

“Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di wilayah Leles (Cianjur), Pajampangan, Cipamingkis, Cidora, Pamengpeuk dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu),” ucapnya dalam keterangan resmi, Rabu (22/3).

Sedangkan, di Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Cianjur Selatan, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Namun, di Tasikmalaya, Bandung Barat, dan Pangalengan dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut, dan hingga pukul 08.50 WIB belum menunjukan adanya gempa bumi susulan,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau agar massyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mcr19/jpnn)

Gempa berkekuatan 4,4 magnitudo guncang Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya, yang terjadi pada Rabu (22/3) sekitar pukul 08.24 WIB.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News