Berikut Ini 6 Program Prioritas Pemkab Sukabumi di 2025 Mendatang

Jumat, 22 Maret 2024 – 08:00 WIB
Berikut Ini 6 Program Prioritas Pemkab Sukabumi di 2025 Mendatang - JPNN.com Jabar
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat membuka Musrenbang RKPD 2025 di Kabupaten Sukabumi, Jabar, Kamis (21/3/2024). ANTARA/Aditya Rohman

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2025 menghasilkan enam program prioritas pembangunan di wilayahnya.

"Pembangunan di 2025 lebih menekankan pada pemantapan infrastruktur daerah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya seusai menghadiri Musrenbang RKPD 2025 di Kabupaten Sukabumi, Kamis (21/3).

Menurut Marwan, keenam program prioritas pembangunan daerah tersebut adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui penguatan sistem kesehatan dan pendidikan daerah serta pemberdayaan dan pengembangan kebudayaan.

Kemudian, penguatan pengentasan kemiskinan melalui reformasi sistem perlindungan sosial, pengembangan komoditas unggulan melalui hilirisasi, dan perluasan akses pasar dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi daerah.

Selanjutnya, pengembangan industri pariwisata bertaraf internasional berbasis pertanian dan lingkungan; peningkatan kualitas infrastruktur dan konektivitas wilayah; dan peningkatan reformasi birokrasi melalui penguatan e-goverment dan kualitas layanan publik.

Menurut dia, program pembangunan tersebut memiliki strategi dan arah kebijakan dengan menerapkan pendekatan tematik, holistik, integratif dan spasial serta mengusung konsep pembangunan kolaboratif.

Tidak hanya itu, lanjut Marwan, Pemkab Sukabumi terus mengoptimalkan potensi yang dimiliki setiap desa.

Pada 2025, ada beberapa beberapa indikator makro yang menjadi perhatian seperti indeks pembangunan manusia (IPM), laju pertumbuhan ekonomi (LPE), tingkat kemiskinan dan indeks gini (mengukur tingkat ketimpangan pendapatan suatu wilayah secara menyeluruh).

Berikut ini enam Program Prioritas Pemkab Sukabumi di 2025 mendatang berdasarkan hasil Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2025.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News