Diterjang Banjir Rob, Ratusan Nelayan di Kabupaten Sukabumi Belum Bisa Melaut

Senin, 01 April 2024 – 10:30 WIB
Diterjang Banjir Rob, Ratusan Nelayan di Kabupaten Sukabumi Belum Bisa Melaut - JPNN.com Jabar
Banjir rob yang menerjang wilayah pesisir selatan Kabupaten Sukabumi, Jabar, beberapa waktu lalu. Foto: ANTARA

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Ratusan nelayan di Kabupaten Sukabumi belum bisa melaut pascabanjir rob yang menerjang pantai selatan Kabupaten Sukabumi beberapa waktu lalu.

Menurut Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Sukabumi, Sep Radi Priadika hingga saat ini ratusan nelayan belum bisa melaut karena kapal atau perahu untuk menangkap ikan milik mereka hancur diterjang bencana banjir rob.

"Untuk sementara, nelayan yang terdampak bencana banjir rob khususnya yang kapalnya rusak belum bisa melaut," kata Sep Radi Priadika.

Meskipun Pemkab Sukabumi sudah menggelontorkan bantuan kebutuhan sehari-hari para nelayan yang terdampak banjir rob, kata dia, bantuan itu belum mencukupi karena aktivitas ekonomi mereka terganggu.

Bahkan, beberapa nelayan memilih pindah profesi seperti menjadi penarik ojek, kuli bangunan, bakul ikan laut, dan pengecer ikan laut. Oleh karena itu, ia berharap bantuan alat tangkap bisa segera direalisasikan agar nelayan bisa kembali melaut.

Ia juga sudah melakukan analisa dan mengkaji terkait dampak banjir rob tersebut serta mendata kerusakan.

Selain itu, HNSI juga sudah berkoordinasi dengan pemangku kebijakan lainnya terkait langkah ke depan yang harus dilakukan sehingga para nelayan di Kabupaten Sukabumi ini bisa kembali melaut.

"Kendala nelayan saat ini belum ada bantuan alat tangkap dan sebagainya meskipun pemerintah sudah menanggulangi kebutuhan sehari-hari nelayan yang terdampak bencana banjir rob," ujarnya.

Ratusan nelayan di Kabupaten Sukabumi belum bisa melaut pascabanjir rob yang menerjang pantai selatan Kabupaten Sukabumi beberapa waktu lalu.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News