Gempa Berkekuatan 3,8 Magnitudo Mengguncang Kabupaten Sukabumi

Jumat, 03 Maret 2023 – 13:50 WIB
Gempa Berkekuatan 3,8 Magnitudo Mengguncang Kabupaten Sukabumi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Gempa bumi berkekuatan 3,8 magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, pada Jumat (3/3) sekitar pukul 11.49 WIB.

Berdasarkan hasil analisa BMKG, gempa bumi berkekuatan 3,8 magnitudo ini episenternya terletak pada koordinat 7.69 LS dan 106.52 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km barat daya Kabupaten Sukabumi, dengan kedalaman 27 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indonesia-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasi," ucap Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto dalam keterangan resminya, Jumat (3/3).

Dia menjelaskan dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG, dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Simpenan dan Ciracap dengan Skala Intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak dari gempa bumi tersebut," terangnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh terhada isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkasnya. (mcr19/jpnn)

Gampa bumi berkekuatan 3,8 magnitudo mengguncang Kabupaten Sukabumi, pada Jumat (3/3) sekitar pukul 11.49 WIB.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News