Mimpi Buruk untuk Bisnis Properti Jika Harga BBM Naik

Jumat, 02 September 2022 – 15:05 WIB
Mimpi Buruk untuk Bisnis Properti Jika Harga BBM Naik - JPNN.com Jabar
Kenaikan BBM bersubsidi atau non-subsidi akan berdampak negatif pada dunia bisnis properti. Ilustrasi perumahan: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pengamat kebijakan publik dari Poldata Indonesia, Fajar Arif Budiman mengapresiasi pemerintah atas kebijakan tidak menaikan harga BBM baik subsidi maupun non-subsidi.

Setidaknya hal itu perlu dilakukan hingga kondisi ekonomi masyarakat pulih dari pandemi Covid-19.

“BBM merupakan komoditas yang sangat mempengaruhi harga komoditas lainnya. Jika BBM naik, dapat dipastikan hampir semua harga barang akan naik. Kondisi ini harus dipikirkan secara bijak oleh Pemerintah, kami mengapresiasi keputusan pemerintah dengan tidak menaikan harga BBM sebagai tindakan yang tepat,” ujar Fajar dalam keterangan tertulisnya yang diterima JPNN.com, Jumat (2/9).

Fajar mengatakan, jika BBM naik bahwa tidak hanya kebutuhan pokok yang akan mengalami penyesuaian harga (akibat kenaikan BBM), bahkan harga properti juga akan turut mengalami kenaikan.

"Kondisi daya beli masyarakat belum stabil. Sehingga penundaan kenaikan BBM sangat tepat," tuturnya.

Sementara itu, CEO GSP Properti salah satu pengembang kawasan perumahan di Jawa Barat, Ariansyah Eka Saputra mengatakan, saat ini harga bahan baku material dan upah kerja sudah cukup menekan produksi perumahan.

Hal ini diperparah dengan harga jual produk properti yang sulit merangkak naik karena harus menyesuaikan dengan daya beli masyarakat yang belum pulih akibat dampak pandemi Covid-19.

“Kekhawatiran kami jika harga BBM naik turut berdampak pada naiknya harga material, disamping itu pastinya akan berdampak juga ke kenaikan upah kerja, kalo sudah seperti itu maka semua variabel ongkos produksi akan naik sedangkan untuk menaikan harga jual property saat ini menjadi hal yang sulit," ujar Ariansyah.

Kenaikan BBM bersubsidi atau non-subsidi akan berdampak negatif pada dunia bisnis properti.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News