PT Alfatih Indonesia Tidak Terdaftar sebagai PIKH di Kemenag Jabar

Senin, 04 Juli 2022 – 12:10 WIB
PT Alfatih Indonesia Tidak Terdaftar sebagai PIKH di Kemenag Jabar - JPNN.com Jabar
Suasana di depan kantor PT Alfatih Indonesia Travel bodong yang mencatut alamat hotel di Jalan Panorama 1, No 35A, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat memastikan PT Alfatih Indonesia Travel yang ditolak Pemerintah Saudi Arabia, tidak terdaftar resmi sebagai penyelenggara haji.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Jabar Ahmad Handiman Romdony mengatakan, perusahaan travel tersebut bodong dan belum pernah mendaftar ke Kementerian Agama.

"PT Alfatih Indonesia Travel tidak terdaftar sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIKH) di Kementerian Agama," kata Dony, sapaannya, dihubungi JPNN.com, Senin (4/6).

Dony menuturkan, Kemenag Jabar mengetahui soal kejadian 46 WNI yang tidak bisa masuk ke Saudi Arabia dikarenakan visanya ditolak. 

Alhasil, puluhan jemaah calon haji itu terlantar di Bandara King Abdulaziz.

"Kami dapat informasi dari rekan di sana, kebetulan hari ini rekan-rekan mulai dari Diren haji sampai tingkat seksi sedang ada di Saudi untuk mengurus haji tahun ini. Kami dapat informasi dari Saudi langsung bahwa ada di Bandara Jeddah sebanyak 46 jemaah furoda yang ditolak oleh pemerintah Saudi Arabia," jelasnya.

Kemudian, pihaknya langsung mengecek dokumen list travel pemberangkatan haji dan umrah dan ditemukan bahwa perusahaan travel itu tidak terdaftar.

"Setelah dicek, yang memberangkatkan adalah PT Alfatih dan setelah kami telusuri dari data bahwa travel tersebut tidak terdaftar sebagai PIKH dan informasinya seluruh jemaah sudah ada di Indonesia," tuturnya.

Kemenag Jabar memastikan perusahaan travel haji dan umrah PT Alfatih Indonesia, tidak terdaftar sebagai PIKH alias bodong.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News