Jemaah Haji Indonesia Tidak Lagi di Mina Jadid, Langkah Jitu Gusmen pada Penyelenggaraan Ibadah Haji 2024

Selasa, 25 Juni 2024 – 21:10 WIB
Jemaah Haji Indonesia Tidak Lagi di Mina Jadid, Langkah Jitu Gusmen pada Penyelenggaraan Ibadah Haji 2024 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi jemaah haji. Foto: Humas Pemkot Bandung

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Puncak ibadah haji di Arafah, Mudzdalifah, dan Mina Armuzna baru saja usai di 13 Dzulhijjah 1445 H atau 19 Juni 2024. Secara umum kegiatan di Armuzna berjalan lancar dan sukses. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat yang juga Petugas Pengawas Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1445 H/2024 M, Ajam Mustajam mengatakan kesuksesan ini tidak terlepas dari perhatian Pemerintah Indonesia.

Khususnya Kementerian Agama Republik Indonesia yang terus melakukan terobosan dan inovasi dalam penyelenggaraan ibadah haji. 

“Pada operasional ibadah haji Tahun 2024, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, membuat terobosan atau inovasi yang spektakuler terutama di Armuzna yaitu dengan tidak menggunakan mina jadid sebagai tenda jamaah haji Indonesia,” ungkap Ajam, Selasa (25/6). 

Ia mengungkapkan alasan terobosan ini menjadi kebijakan Gusmen yaitu dengan mempertimbangkan 2 aspek. Pertama, aspek teknis dengan tujuan mempercepat, mempermudah, dan memberikan kenyamanan serta keamanan bagi jemaah haji. 

"Dan aspek kedua, secara syariat, inovasi itu tidak bertentangan dengan syarat sahnya ibadah haji,” jelas Ajam.

Menurutnya, penempatan jemaah haji Indonesia di Mina untuk musim haji tahun 1445 H/2024 M ada perubahan lokasi yaitu maktab 1 sampai 9 dengan jumlah jemaah kurang lebih 27.000. Selama ini maktab tersebut ditempatkan di wilayah Mina Jadid, kini direlokasi ke wilayah Muaishim.

Keuntungan dari relokasi ini, katanya jemaah haji Indonesia tidak terlalu jauh dengan jamarat, sehingga dengan harapan bisa menambah kenyamanan jemaah haji dalam beribadah terutama lansia.

Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat klaim pelaksanaan ibadah haji 2024 berjalan lancar dan sukses.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News