Pemahaman Pancasila Milenial Saat Ini Mengkhawatirkan

Kamis, 02 Juni 2022 – 09:00 WIB
Pemahaman Pancasila Milenial Saat Ini Mengkhawatirkan - JPNN.com Jabar
Guru besar Universitas Padjajaran Muradi (tengah). Foto: arsip jpnn.com/Ricardo

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Guru besar Universitas Padjajaran Muradi turut menyoroti minimnya pemahaman milenial saat ini tentang makna mendalam dari Pancasila.

Menurutnya, hal ini dipengarungi minimnya figur teladan yang menjadi acuan milenial dalam menanamkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan.

Padahal, figur teladan diharapkan mampu membawa perubahan bagi kondisi negara, keberadaan para tokoh berpengaruh inipun sangat penting untuk menularkan semangat dan ruh dasar negara tersebut kepada generasi penerus.

"Generasi milenial ini sangat kurang (memahami Pancasila). Harusnya minimal paham. Kalau tahu dan paham, mereka akan mengimplementasikan," kata Muradi saat menjadi pembicara dalam diskusi terkait Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Yayasan Putera Nasional Indonesia, di Bandung, Rabu (1/6).

Salah satu ciri minimnya pemahaman pancasila pada generasi muda saat ini, di antaranya sikap egois dan individualis yang kerap kali terlihat dalam pergaulan sehari-hari.

"Anak-anak sekarang mudah mem-bully. Harusnya mereka diajari bagaimana bersikap respect terhadap orang lain," ujarnya.

Lebih lanjut, Muradi menuturkan, penanaman pemahaman pancasila pada generasi milenial tidak bisa hanya sebatas pembeajaran di sekolah semata.

Menurutnya, diperlukan cara atau metodologi yang baru dalam menyosialisasikan nilai-nilai Pancasila kepada anak muda.

Pemahaman pancasila pada generasi milenial dinilai sangat mengkhawatirkan. Penanaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa hanya mengandalkan pembelajaran di sekolah
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News