Ace Hasan: Agama Penting dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Senin, 29 Januari 2024 – 14:30 WIB
Ace Hasan: Agama Penting dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara - JPNN.com Jabar
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily saat memberikan tausiah di Masjid Nurul Asri, Kompleks Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung pada Minggu (28/1). Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily menyampaikan, agama sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pernyataan itu disampaikan Kang Ace—sapaannya—saat memberikan tausiah di Masjid Nurul Asri, Kompleks Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung pada Minggu (28/1).

Di awal tausiahnya, Ace menyampaikan tentang peran Komisi VIII DPR sebagai komisi yang berkaitan dengan agama.

“Agama itu penting. Karena terkait kebijakan-kebijakan yang menyangkut kehidupan kebangsaan kita. Kalau tidak melibatkan aspek agama, maka bangsa kita menjadi bangsa sekuler," kata Ace, dikutip Senin (29/1). 

Bapak pendiri bangsa atau founding father, ujar Ace, menyatakan bahwa bangsa Indonesia berdasarkan asas Ketuhanan yang Maha Esa. Prinsip dasar yang pertama itu tidak dimiliki oleh bangsa lain.

Ketua DPD Partai Golkar Jabar itu mencontohkan negara Inggris dan Prancis. Negara itu sekuler dan asasnya bukan Pancasila. Mereka berpegang kepada prinsip keseteraan. Tidak ada ketuhanan di negara itu.

"Tetapi bangsa kita memilih bahwa prinsip kebangsaan kita itu didasarkan kepada lima prinsip yang disebut dengan Pancasila. Nomor satunya adalah Ketuhanan yang Maha Esa,” ujarnya.

Jadi sebagai bangsa, tutur dia, Indonesia menganggap agama sangat penting. Agama tentu tidak boleh dianggap sebagai sebuah pelengkap tapi harus dicerminkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily mengisi tausiah di Masjid Nurul Asri, Kompleks Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News