HUT APEKSI ke-22, Bima Arya Ajak 98 Wali Kota Majukan Produk Lokal

Sabtu, 28 Mei 2022 – 23:00 WIB
HUT APEKSI ke-22, Bima Arya Ajak 98 Wali Kota Majukan Produk Lokal - JPNN.com Jabar
Ketua APKESI Bima Arya. Foto : Dokumen Pribadi.

jabar.jpnn.com, BOGOR - Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Bima Arya mengajak 98 wali kota untuk berkolaborasi membangkitkan ekonomi melalui produk lokal di daerahnya masing-masing.

Bima Arya mengungkapkan, semangat 22 tahun APEKSI yakni economic recovery melalui kebangkitan UMKM.

“Ini bukan saja menjabarkan perintah Presiden Jokowi agar berbangga dengan produk Indonesia, tetapi sekaligus juga dikenalkan potensi lokal yang luar biasa," ujar Bima dalam keterangan tertulisnya, dikuti Sabtu (28/5).

Wali Kota Bogor ini mengajak para pemerintah kota untuk mengisi ruang-ruang UMKM yang ada di setiap daerahnya masing-masing, karena kini permintaan produk-produk lokal sangat tinggi.

Terlebih, dirinya melihat tren yang ada di kalangan anak-anak muda saat ini yang menggandrungi produk lokal.

"Bisa dilihat festival clothing banyak sekali di mana-mana, mereka bangga pakai brand lokal. Ini geliatnya belum sepenuhnya difasilitasi dimediasi oleh pemerintah kota. Ketika seluruh kota memberikan ruang yang besar, ada affirmative action untuk produk lokal," ungkapnya.

Dia mencontohkan, untuk di Kota Bogor akan ada satu hari dimana ASN menggunakan baju, celana, hingga sepatu dari produk lokal.

"Senin pakai PDH coklat, Selasa adalah hari dengan produk lokal. Boleh pakai sneakers, boleh pakai hoodie, boleh pakai apapun tapi buatan lokal. Rabu putih hitam, Kamis pakaian Sunda, Jumat batik atau etnic,” jelasnya.

Ketua APEKSI Bima Arya ajak kepala daerah bisa berkolaborasi dalam membangkitkan ekonomi melalui produk lokal di wilayahnya masing-masing.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News