Tingkatkan Minat Membaca Warga Binaan, Rutan Kelas I Bandung Gandeng Dispusipda Jabar

Rabu, 08 November 2023 – 08:30 WIB
Tingkatkan Minat Membaca Warga Binaan, Rutan Kelas I Bandung Gandeng Dispusipda Jabar - JPNN.com Jabar
Penandatanganan MoU kerja sama antara Rutan Kelas I Bandung dengan Dinas Perpustakaan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jawa Barat, Selasa (7/11). Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Dalam rangka melaksanakan pembinaan secara maksimal terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas I Bandung, pihak rutan melakukan MoU dengan Dinas Perpustakaan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jawa Barat.

Kepala Rutan Kelas I Bandung Suparman mengatakan, penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Rutah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Bandung dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dalam hal ini Dispusipada, tentang Pengembangan dan Pendayagunaan Perpustakaan Jabar.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, serta sebagai implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan,” kata Suparman dalam keterangannya, Rabu (8/11).

Suparman menambahkan, MoU ini juga sebagai pelaksanaan Peraturan Pemerintah (PP) No 57 tahun 1999 tentang Kerja Sama Penyelenggaraan Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan.

“Pelaksanaan MOU ini dalam rangka melaksanakan pelayanan kepribadian khususnya dalam bidang intelektual, dan sebagai pemenuhan hak-hak Warga Binaan Pemasyarakatan untuk mendapatkan bimbingan intelektual dan peningkatan kesehatan jasmani,” jelasnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas intelektual dan minat membaca bagi para warga binaan di Rutan Bandung.

“Ini merupakan pembinaan kepada WBP, serta sebagai langkah memperbaiki sikap mental dan perilaku WBP sehingga menurunkan risiko pengulangan tindak pidana, dan membantu pelaksanaan pembinaan kepribadian dalam bidang bimbingan rohani bagi Warga Binaan Pemasyarakatan,” terang dia.

Ia pun berharap, output dari kegiatan ini bisa membentuk WBP dan membekali warga binaan ketika bebas dari rutan.

Rutan Bandung melakukan penandatanganan MoU kerja sama dengan Dispusipda Jabar sebagai bentuk pembinaan warga binaan supaya rajin membaca.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News