Ihsan Ayatullah Akui Catut Nama Ade Yasin untuk Biaya Sekolah Eks Kepala BPK Jabar

Senin, 05 September 2022 – 19:47 WIB
Ihsan Ayatullah Akui Catut Nama Ade Yasin untuk Biaya Sekolah Eks Kepala BPK Jabar - JPNN.com Jabar
Bupati Nonaktif Bogor Ade Yasin, Kasubid Kasda BPKAD Ihsan Ayatullah, Sekretaris Dinas PUPR Adam Maulana, dan PPK Dinas PUPR Rizki Taufik Hidayat dihadirkan di muka persidangan sebagai terdakwa dan saksi dalam kasus dugaan suap auditor BPK Jabar di PN Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Senin (5/9). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Bupati nonaktif Bogor Ade Yasin dihadirkan di muka persidangan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung dalam kasus dugaan suap auditor BPK Jabar demi raihan WTP Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor Tahun 2021.

Dalam sidang tersebut, terungkap bahwa salah satu terdakwa Ihsan Ayatullah mengaku sudah mencatut nama Bupati nonaktif Bogor Ade Yasin soal pemberian uang untuk biaya sekolah eks Kepala BPK Jabar Agus Khatib.

Ihsan yang merupakan Kasubid Kasda BPKAD Kabupaten Bogor menuturan, bahwa dirinya mencatut nama Ade Yasin supaya bisa memperoleh dana lebih dari Sekretaris Dinas PUPR Maulana Adam.

Menurutnya, ada permintaan lebih dari auditor BPK atas nama Hendra Nur Rahmatullah Kartiwa dengan alasan untuk biaya sekolah Agus Khatib dari yang semula Rp70 juta menjadi Rp 100 juta.

“Biar Maulana Adam ikut (percaya) dengan saya, jadi saya sebut nama ibu. Awalnya Hendra menyebutkannya 70 (juta), kemudian minta 100 (juta) dibulatkan,” ujar Ihsan saat memberi kesaksiannya di PN Tipikor Bandung, Senin (5/9).

Sementara itu, Ade Yasin mengaku tidak tahu mengenai adanya permintaan biaya sekolah dari Kepala BPK Jabar. Bahkan Ade mengaku tidak mengenal secara pribadi sosok Agus Khatib.

“Saya tidak tahu, karena yang tadi saya sebutkan kepentingan saya hanya di entri dan exit meeting. Selebihnya tugas dinas masing-masng,” ucap Ade.

Dia pun merasa heran atas tuduhan yang dilayangkan padanya bahwa sudah memerintahkan untuk menggenapkan uang untuk Agus Khatib.

Terdakwa Ihsan Ayatullah mengaku sudah mencatut nama Bupati nonaktif Bogor Ade Yasin untuk biaya sekolah Kepala BPK Jabar Agus Khatib.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News