BI Jabar Siapkan Rp 18,3 Triliun Uang Baru Menjelang Lebaran 2023

Selasa, 28 Maret 2023 – 19:10 WIB
BI Jabar Siapkan Rp 18,3 Triliun Uang Baru Menjelang Lebaran 2023 - JPNN.com Jabar
Direktur Eksekutif BI Jabar Erwin Gunawan Hutapea (kiri) dan Wali Kota Bandung Yana Mulyana setelah menukarkan uang di salah satu mobil bank dalam program SERAMBI di halaman Bank Indonesia Jawa Barat, Jalan Braga, Kota Bandung, Senin (27/3). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Bank Indonesia (BI) Jawa Barat menyiapkan dana sebesar Rp 18,3 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam penukaran uang menjelang Hari Raya IdulFitri 1444 Hijriah.

Nilai tersebut lebih tinggi dari realisasi kebutuhan uang pada periode Ramadan-IdulFitri tahun sebelumnya yang sebesar Rp 16,6 triliun, dan proyeksi kebutuhan uang masyarakat sebesar Rp 17,4 triliun.

Direktur Eksekutif BI Jabar Erwin Gunawan Hutapea menuturkan, peningkatan nilai tersebut memperhatikan antisipasi peningkatan mobilitas masyarakat selama Ramadan dan IdulFitri 2023.

“Apalagi sekarang PPKM sudah dicabut maka aktivitas akan semakin tinggi dan pertumbuhan ekonomi semakin membaik,” kata Erwin dalam keterangannya, Selasa (28/3).

Menurutnya, kebutuhan uang tunai paling tinggi yakni 64,2 persen bersumber dari wilayah Priangan (di luar Bodetabek), diikuti wilayah Cirebon – Indramayu – Majalengka – Kuningan sebesar 21,5 persen dan wilayah Priagan Timur sebesar 14,3 persen.

Kata Erwin, dalam program SERAMBI ini pihaknya menyediakan layanan penukaran uang di 800 titik yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat.

Lokasi tersebut mencakup layanan penukaran di kantor perbankan di Jabar, layanan kas keliling Bank Indonesia, penukaran di pusat keramaian seperti bandara, stasiun, terminal, dan rest area di beberapa ruas jalan tol.

“Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR yang bisa diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id,” ujarnya.

BI Jabar menyiapkan dana Rp 18,3 triliun untuk kebutuhan masyarakat dalam penukaran uang baru perayaan Hari Raya IdulFitri 2023.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News