Kopi Wanoja Asal Jawa Barat Mendunia, Sukses Menjangkau Pasar Internasional

Jumat, 06 September 2024 – 16:05 WIB
Kopi Wanoja Asal Jawa Barat Mendunia, Sukses Menjangkau Pasar Internasional - JPNN.com Jabar
Prosesi pelepasan ekspor Kopi Wanoja ke Belanda oleh Bank Indonesia Jawa Barat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar di Kota Bandung, Jumat (6/9/2024). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Kelompok Tani Kopi Wanoja di Kabupaten Bandung sukses membawa biji kopi asal Jawa Barat ke pasar internasional.

Setelah di Februari lalu melakukan ekspor perdananya ke negara Arab Saudi, pertengahan tahun ini mereka kembali mengirimkan kopinya ke negara Belanda.

Sebanyak 18 ton biji kopi Wanoja diterbangkan ke negara berjuluk Kincir Angin itu.

Kepala Bank Indonesia Jawa Barat Muhamad Nur mengatakan bahwa penjualan kopi dari provinsi ini bukanlah yang pertama.

Ekspor kopi Wanoja ke Belanda mencapai 18 ton di mana pemberangkatan dilakukan secara berkala minimal dua ton setiap pengangkutan.

“Dengan angka tersebut penjualan mencapai sekitar Rp2,5 miliar. Kita tahu kalau ekspor naik maka devisa negara pun akan bertambah lagi,” kata Nur dalam pelempasan ekspor Kopi Wanoja di Bandung, Jumat (6/9/2024).

Ia menuturkan, permintaan kopi Jawa Barat termasuk kopi Wanoja dari luar negeri sebenarnya melimpah. Namun, para produsen lokal tidak banyak yang mampu memenuhi permintaan tersebut.

Untuk itu, BI akan mengajak klaster petani kopi lainnya berkolaborasi dengan kopi Wanoja agar bisa mencukupi permintaan tersebut.

Kopi Wanoja asal Kabupaten Bandung mengirimkan 18 ton biji kopi ke negara Belanda.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News