Bank Indonesia Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat Sesuai Target

Selasa, 08 Oktober 2024 – 14:20 WIB
Bank Indonesia Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat Sesuai Target - JPNN.com Jabar
Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Muslimin Anwar (tengah) dan akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjadjaran (Unpad) Ari Tjahajawandita (kanan) sebagai pembicara dalam kegiatan diskusi ekonomi di Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Bank Indonesia optimistis pertumbuhan ekonomi Jawa Barat masih sesuai target pada rentang 4,6% hingga 5,4% pada 2024. Tantangan geopolitik global dan penurunan daya beli menjadi konsen utama dengan mendorong sektor investasi, ekspor, dan digitalisasi.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Muslimin Anwar, mengatakan, pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada triwulan II/2024 tercatat tumbuh sebesar 4,95% (year on year/yoy), lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 4,93% (yoy).

Pertumbuhan ini didorong oleh meningkatnya konsumsi domestik, perbaikan aktivitas ekspor, dan peningkatan investasi. Sektor-sektor yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi meliputi sektor pertanian, industri pengolahan, transportasi, pergudangan, dan perdagangan.

"Perekonomian Jawa Barat diperkirakan akan tetap tumbuh positif pada rentang 4,6% hingga 5,4%, didorong oleh permintaan domestik yang kuat, mobilitas masyarakat yang meningkat, dan dukungan infrastruktur yang terus berkembang," kata Muslimin, dikutip Selasa (8/10/2024).

Namun, Anwar menjelaskan, ada beberapa tantangan yang mesti diantisipasi diantaranya ketidakpastian global yang berdampak pada permintaan ekspor, serta potensi gangguan di sektor pertanian akibat fenomena El Nino.

Bank Indonesia optimistis bahwa kebijakan-kebijakan yang diterapkan, seperti hilirisasi industri dan percepatan digitalisasi, akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian Jawa Barat.

Berapa indikator positif ekonomi Jawa Barat adalah inflasi yang terkendali. Hingga Sepetember 2024, Jawa Barat mencatatkan inflasi sebesar 2,09% (yoy). Target inflasi tahunan Jawa Barat yaitu sebesar 2,5% masih on the track.

"Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi dengan berbagai pihak untuk menjaga stabilitas ekonomi dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan di Jawa Barat salah satunya memaksimalkan peran TPID (tim pengendali infasi daerah)," ujarnya.

Optimistis Bank Indonesia melalui investasi dan ekonomi baru ikut dongkrak pertumbuhan ekonomi Jabar sesuai target.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News