Ini 3 Target Kerja LLDIKTI Wilayah 4 Jabar dan Banten di Tahun 2023

Senin, 02 Januari 2023 – 20:20 WIB
Ini 3 Target Kerja LLDIKTI Wilayah 4 Jabar dan Banten di Tahun 2023 - JPNN.com Jabar
Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 4 Jawa Barat dan Banten, Samsuri. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 4 Jawa Barat dan Banten, Samsuri menyampaikan sejumlah target kerja lembaganya pada tahun 2023.

Satu di antara fokus LLDIKTIk Wilayah 4, kata Samsuri, yaitu mencabut izin operasional penyelenggara pendidikan yang sudah tidak aktif. Total, ada tiga akademi komunitas dan satu politeknik di wilayahnya yang akan dicabut izin operasionalnya pada tahun 2023.

Pencabutan izin tersebut dilakukan, karena keempat penyelenggara pendidikan tersebut telah lama tidak aktif dan menerima mahasiswa baru.

"Tahun 2023 ada tiga (akademi komunitas) yang akan dicabut izin operasionalnya, karena mereka sudah tidak ada mahasiswa lagi. Kemudian ada satu politeknik yang keberadaannya sudah tidak ada di bekasi, itu sudah kami rekomendasikan untuk dicabut izinnya," ucap Samsuri saat ditemui di Kota Bandung, Senin (2/1).

Selain pencabutan izin operasional penyelenggaran pendidikan tinggi yang sudah tidak aktif. Kata Samsuri, tahun ini pihaknya akan fokus untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi.

Salah satunya dengan mendorong adanya merger pendidikan tinggi yang berada dalam satu yayasan. Selain meningkatkan mutu pendidikan, merger juga diyakini dapat membantu biaya operasional sebuah lembaga pendidikan jadi lebih efisien.

"Mereka disadarkan, semakin banyaknya yayasan memiliki perguruan tinggi itu kan cost operasionalnya, misalnya ada 3 perguruan tinggi (dalam satu yayasan) bayar rektornya 3 dan seterusnya. Saya ingin meyakinkan mereka target kami itu bukan banyaknya perguruan tinggi tapi kualitas," ucap Samsuri.

Lebih lanjut, Samsuri menambahkan, pihaknya juga akan melakukan penguatan sistem informasi atau pangkalan data pendidikan tinggi (PDDIKTI).

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 4 Jawa Barat dan Banten, Samsuri menyampaikan sejumlah target kerja lembaganya pada tahun 2023.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News