Antisipasi Cuaca Ekstrem, BPBD Kabupaten Bogor Dirikan 8 Pos Siaga Bencana

Minggu, 01 Januari 2023 – 16:25 WIB
Antisipasi Cuaca Ekstrem, BPBD Kabupaten Bogor Dirikan 8 Pos Siaga Bencana - JPNN.com Jabar
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Yani Hasan. Foto: Dok Pemkab Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor membangun delapan pos kesiapsiagaan di wilayah zona rawan bencana.

Delapan titik tersebut tersebar di Kecamatan Cibinong, Babakan Madang, Bojonggede, Klapanunggal, Jonggol dan Gadog dan beberapa yang lainnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor, Yani Hasan mengatakan pendirian delapan pos siaga bencana itu dilakukan mengingat potensi cuaca ekstrem berdasarkan prakiraan dari BMKG.

"Dengan adanya pos itu tentunya kami bisa lebih mudah bergerak jika ada bencana di tengah cuaca ekstrem saat ini," katanya, Minggu (1/1).

Yani Hasan mengaku pihaknya telah berkoordinasi mulai dari tingkat Kecamatan, Desa, Kelurahan hingga tingkat RT dan RW untuk menentukan titik aman, titik evakuasi dan tempat-tempat aman ketika penyelamatan bencana.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada para sukarelawan dan lembaga swadaya masyarakat untuk lebih optimal dalam membantu melaksanakan kesiapsiagaan bencana di Kabupaten Bogor.

“Kami punya sekitar 64 lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang penanggulangan bencana. Termasuk Pramuka, karang taruna, PMI dan lainnya untuk bergerak dan siap siaga saat ada bencana,” jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada semuanya agar tetap waspada akan potensi bencana, mengingat zona merah Kabupaten Bogor tersebar di 24 Kecamatan dan 48 Desa.

BPBD Kabupaten Bogor mendirikan delapan pos siaga bencana sebagai antisipasi awal potensi bencana di tengah cuaca ekstrem.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News