2 Narapidana Kasus Terorisme Ikrar Setia Terhadap NKRI di Lapas Cibinong

Kamis, 15 September 2022 – 20:40 WIB
2 Narapidana Kasus Terorisme Ikrar Setia Terhadap NKRI di Lapas Cibinong - JPNN.com Jabar
Dua Narapidana Kasus Terorisme Ikrar Setia Terhadap NKRI di Lapas Cibinong. Foto: Humas Kemenkumham.

jabar.jpnn.com, BOGOR - Dua orang Narapidana terorisme dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cibinong ucapkan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Rabu (14/9).

Mereka adalah, Anang Yudi Riswanto Bin Salaman, narapidana terorisme jaringan Jamaah Islamiah (JI) dengan vonis 3 tahun penjara dan M. Saliwi Bin Mukhlis jaringan JAD (Jamaah Ansharut Daulah) yang sedang menjalani masa pidana 4 tahun.

"Ikrar Setia NKRI yang dilakukan narapidana terorisme sebagai bentuk kesungguhan tekad dan semangat untuk kembali membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI," ujar Kepala Lapas Cibinong, Usman Madjid dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (15/9).

Usman menuturkan, ikrar setia pada NKRI juga sebagai pembuktian bahwa narapidana terorisme bersedia dan siap melepaskan diri mereka dari segala aksi terorisme serta ideologi sebelumnya yang bertentangan ideologi Pancasila dan UUD 1945.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (DitjenPAS), Thurman Hutapea mengatakan, kegiatan tersebut menegaskan bahwa melaksanakan pembinaan dalam bingkai program deradikalisasi kepada narapidana terorisme bukanlah perkara mudah.

Dia pun memberi apresiasi kepada seluruh jajaran Lapas Kelas IIA Cibinong, atas kerja keras dan dedikasinya dalam menjalankan amanah pembinaan.

Khususnya, kata Thurman, pembinaan kepada narapidana terorisme yang akhirnya mantap secara sukarela mengucapkan ikrar setia kembali kepada NKRI.

"Ini sebuah prestasi. Sampai hari ini, jumlah narapidana terorisme yang telah menyatakan ikrar setia kepada NKRI sebanyak 108 orang atau telah mencapai 216% dari target kinerja kita Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada tahun 2022 ini" tuturnya.

Dua orang narapidana kasus terorisme mengucapkan ikrar setia terhadap NKRI di Lapas Cibinong. Total, sebanyak 108 orang napi teroristem telah berikrar di Jabar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News