Dampak Pengembangan RSJMM Ratusan Warga Menteng Siap-siap Kehilangan Tempat Tinggal

Kamis, 04 Agustus 2022 – 11:31 WIB
Dampak Pengembangan RSJMM Ratusan Warga Menteng Siap-siap Kehilangan Tempat Tinggal - JPNN.com Jabar
Potret Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi (RSJMM) Kota Bogor. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Ratusan warga di Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor terancam bakal kehilangan tempat tinggalnya imbas dari pengembangan Agrowisata dalam mendukung layanan rehabilitasi Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi (RSJMM).

Ratusan rumah tersebut rencananya akan dihancurkan tanpa ada ganti rugi sedikit pun dari pihak RSJMM Kota Bogor, dengan dalih lahan seluas 5,5 hektare itu merupakan aset negara milik Kementerian Kesehatan.

Buman, warga Kompleks Marzoeki Mahdi, RT 002, RW 001 bercerita dia tinggal di kawasan tersebut sejak 1995, di mana saat itu dirinya masih bertugas sebagai karyawan di RSJMM Kota Bogor di bawah naungan Kementerian Kesehatan.

Kedatangan Buman ke Kompleks Marzoeki Mahdi pada 1995 lantaran dia ditugaskan oleh atasannya saat itu untuk menjaga aset negara berupa lahan seluas 5,5 hektare agar tidak diserobot oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Lantaran kala itu Buman tidak mendapatkan gaji saat diberi tugas menjaga aset lahan, Buman dipersilahkan oleh atasannya untuk memanfaatkan lahan tersebut sebagai ganti upah gaji.

"Dari situlah saya mulai merintis, membanguna rumah, tempat pemancingan, bercocok tanam dan lain-lain, sambil menjaga aset ini. Jadi, walaupun saat itu saya tidak digaji tetapi saya diperbolehkan memanfaatkan lahan ini sebagai ganti upahnya," katanya kepada JPNN.com, dikutip Kamis (4/8).

Singkat cerita, pada 2020 Buman diundang pihak RSJMM Kota Bogor untuk menyosialisasikan pengamanan aset Kementerian Kesehatan dengan pemagaran. Namun sayang, pemagaran dilakukan dengan tebang pilih.

Atas kejadian itu Buman merasa kecewa, lantaran pengamanan aset yang semula digaungkan terkesan penuh dengan kepentingan semata, bahkan sejumlah karyawan aktif, pensiunan RSJMM Kota Bogor yang sudah bekerja cukup lama di sana mendapatkan intimidasi dari pihak manajemen.

Ratusan warga di Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor terancam bakal kehilangan tempat tinggalnya imbas dari pengembangan RSJMM.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News