Kawasan Tugu Kujang Bakal Ditata, Bima Arya: Konsepnya Seperti Bundaran HI Jakarta

Rabu, 03 Agustus 2022 – 21:21 WIB
Kawasan Tugu Kujang Bakal Ditata, Bima Arya: Konsepnya Seperti Bundaran HI Jakarta - JPNN.com Jabar
Wali Kota Bogor Bima Arya saat meninjau area Lawang Salapan dan Tugu Kujang. Foto: Dok Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana menata kawasan Tugu Kujang, Tepas Salapan Lawang Dasakerta, hingga area Botani Square secara terintegrasi.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan rencana penataan ini berawal dari kebutuhan revitalisasi Tugu Kujang karena ada beberapa bagian yang sudah termakan oleh usia.

"Tetapi saya berpikir, sebaiknya dilakukan perencanaan yang matang agar semua yang ada di kawasan ini terintegrasi dengan landmark Tugu Kujang ini," ucap Bima Arya, dikutip Rabu (3/8).

Namun, saat ini semakin banyak kebutuhan warga untuk ruang publik yang dimanfaatkan untuk berolahraga dan aktivitas lainnya.

Sehingga pengaturan lalu lintas juga harus diatur agar lebih efektif, karena di jalan Otto Iskandardinata atau Otista ini salah satu sumber kemacetan Kota Bogor.

"Dalam perubahan APBD tahun ini, kami akan membuat konsep perencanaan yang terintegrasi. Tugu Kujang, Lawang Salapan, Botani itu akan terintegrasi, jadi, akan menjadi Bundaran HI-nya Kota Bogor," tuturnya.

Untuk mewujudkan hal itu perencanaan penataan tentu memerlukan kerjasama dari seluruh pihak, mulai dari Dinas Koperasi, UKM, Dagin, PUPR, dan Disperumkim untuk menyusun desainnya.

"Jangan sampai di sini menjadi kawasan kumuh, nongkrong boleh tetapi tidak melanggar aturan dan menjaga kebersihan, karena itu harus diatur dan harus difasilitasi. Nanti juga akan dibuat tempat duduk yang nyaman," kata Bima Arya.

Pemkot Bogor berencana menata kawasan Tugu Kujang, Lawang Salapan hingga Botani Square, yang nantinya akan memiliki konsep seperti Bundaran HI Jakarta.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News