5 Manfaat Mentimun yang Luar Biasa

Kamis, 04 Agustus 2022 – 09:00 WIB
5 Manfaat Mentimun yang Luar Biasa - JPNN.com Jabar
Mentimun. Foto: The Juice Chief

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Mentimun banyak dikonsumsi orang karena manfaat sehatnya. Anda bisa mengonsumsi mentimun begitu saja atau diolah dalam bentuk jus mentimun, salad mentimun, air mentimun, dan lainnya.

Rutin mengonsumsi mentimun telah lama diketahui bisa memberi manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Melancarkan Pencernaan

Mentimun memiliki kandungan serat serta air. Kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk membantu mencegah sembelit dan melancarkan saluran pencernaan.

Kandungan serat berupa pektin pada mentimun juga bisa membantu mengatur pergerakan usus serta meningkatkan frekuensi buang air besar.

Selain itu, pektin pada timun juga bermanfaat mempercepat pergerakan otot usus sekaligus memberi makan bakteri baik sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Mengurangi Kadar Gula dalam Darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam BioImpacts menemukan bahwa adanya manfaat mentimun yang efektif utntuk mengurangi stres oksidatif serta mencegah komplikasi diabetes.

Selain itu, menurut American Diabetes Association, mentimun menjadi salah satu sayuran yang tidak mengandung tepung sehingga bermanfaat untuk mengurangi kadar gula dalam darah.

Hal itu karena kandungan serat serta air pada mentimun juga bisa membantu memuaskan nafsu makan sekaligus mengendalikan kadar gula, sehingga baik untuk penderita diabetes.

Lima manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh, salah satunya bisa mengurangi kadar gula dalam darah sehingga baik untuk penderita diabetes.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News