Tak Hanya Enak untuk Sambal, Ini 8 Manfaat Cabai Rawit bagi Kesehatan

Rabu, 16 Agustus 2023 – 08:30 WIB
Tak Hanya Enak untuk Sambal, Ini 8 Manfaat Cabai Rawit bagi Kesehatan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Cabai dan makanan pedas. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Sering kali kita mendengar jangan mengonsumsi cabai atau sambal terlalu banyak. Memang konsumsi cabai dan sambal berlebihan bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Namun, bukan berarti cabai merupakan makanan yang beracun dan wajib dihindari, pada dasarnya cabai memiliki banyak manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi dengan takaran yang sesuai. Berikut manfaat cabai rawit yang baik untuk kesehatan tubuh. Simak selengkapnya!

1. Meningkatkan laju metabolisme

Manfaat cabai rawit yang baik untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah meningkatkan laju metabolisme. Hal ini karena didalamnya terdapat kandungan capsaicin.

Capsaicin adalah senyawa kimia dalam cabai yang memberikan rasa pedas, senyawa ini yang meningkatkan laju metabolisme. Capsaicin dapat meningkatkan suhu tubuh, yang dikenal sebagai efek termogenik.

Ini berarti tubuh Anda membakar lebih banyak energi (kalori) untuk menjaga suhu tubuh yang lebih tinggi.

Proses ini dapat membantu meningkatkan laju metabolisme basal Anda, yaitu jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk menjalani fungsi-fungsi dasar saat istirahat.

Selain itu, efek pasca makan berupa afterburn juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat cabe rawit lainnya adalah meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh manusia. Senyawa capsaicin membantu melebarkan pembuluh darah.

Tidak hanya nikmat untuk sambal, berikut ini delapan manfaat cabai rawit bagi kesehatan tubuh. Simak penjelasan lengkapnya di sini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News