Hati-hati! Ini 5 Efek Samping Minum Kopi Berlebihan

Minggu, 12 Juni 2022 – 07:00 WIB
Hati-hati! Ini 5 Efek Samping Minum Kopi Berlebihan - JPNN.com Jabar
Minum kopi. Ilustrasi. Foto: Chalermsak/Shutterstock

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi orang, bahkan minuman ini juga amat digemari masyarakat.

Biasanya, Anda minum kopi setelah bangun tidur, saat mata lelah akibat bekerja dan lainnya.

Minum kopi memang bisa menghilangkan rasa kantuk dan meningkatkan fokus Anda kembali.

Namun, segala sesuatu yang berlebihan itu tetap saja tidak baik, termasuk minum kopi berlebihan. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Masalah pencernaan

Kafein bisa membuat otot katup kerongkongan bagian bawah melemah. Kondisi ini membuat katup tidak bisa menahan cairan lambung yang bersifat asam.

Akhirnya, asam lambung naik ke arah kerongkongan dan menyebabkan refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Asam pada kopi juga bisa memperparah luka atau masalah di lambung. Jadi, Anda perlu berhati-hati jika minum kopi dalam keadaan perut kosong.

2. Menimbulkan gangguan tidur

Banyak orang yang sengaja minum kopi setiap hari untuk menghilangkan rasa kantuk. Kafein pada kopi memang bisa membantu menstimulasi bagian otak yang menjalankan sistem fokus.

Pencinta kopi wajib tahu, ini lima efek samping minum kopi berlebihan, di antaranya bisa menimbulkan masalah pencernaan dan meningkatkan tekanan darah.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News