Datang ke Kabupaten Bogor, Ravindra Airlangga Temui Ratusan Petani Milenial dan Pelaku UMKM

Minggu, 01 Oktober 2023 – 17:00 WIB
Datang ke Kabupaten Bogor, Ravindra Airlangga Temui Ratusan Petani Milenial dan Pelaku UMKM - JPNN.com Jabar
Ravindra Airlangga saat berbincang dengan para petani dan pelaku UMKM di Kabupaten Bogor. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Datang ke Kabupaten Bogor, Ravindra Airlangga bertemu dengan ratusan petani dan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Di hadapan ratusan petani dan pelaku UMKM yang didominasi kelompok millennial itu, Ravindra mengingatkan bahwa Bogor memiliki potensi perkembunan yang sangat besar.

Mengacu pada data Badan Pusat Statistik, kata dia, komoditas perkebunan dan pertanian Kabupaten Bogor antara lain kopi, kakao, teh, tanaman hias, juga produk pertanian lainnya.

Ravindra menyebut bahwa tahun 2022, total produksinya sekitar 7 juta ton secara keseluruhan dan angka ini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Salah satu produksi perkebunan unggulan Bogor, adalah kopi jenis robusta. Tahun 2021, sebanyak 4 ribu ton biji kopi diproduksi dari daerah Bumi Tegar Beriman.

“Bogor sangat penting karena merupakan penyangga utama Jabodetabek. Banyak pangan dan bahan baku industri makanan yang disupply oleh Kabupaten Bogor. Sehingga Bogor memiliki keunggulan komparatif di bidang pertanian dan perkebunan,” kata Anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi Partai Golkar Daerah Pemilihan Jawa Barat V yang meliputi Kabupaten Bogor itu.

Ravindra mengingatkan bahwa Indonesia pernah menjadi produsen tebu terbesar di dunia. Hal Itu terjadi di tahun 1930-an.

Hal itu terjadi salah satunya karena penggunaan bibit yang sesuai, yakni bibit POJ 878.

Datang ke Kabupaten Bogor, Ravindra Airlangga bertemu dengan ratusan petani dan pelaku UMKM, sambil berbagi ilmu seputar ekspor dan pengembangan bisnis.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News