Lewat Corrective Action, Pemerintah Sukses Turunkan Deforestasi Hingga Jutaan Hektare

Minggu, 28 Juli 2024 – 16:00 WIB
Lewat Corrective Action, Pemerintah Sukses Turunkan Deforestasi Hingga Jutaan Hektare - JPNN.com Jabar
Ilustrasi penggundulan hutan, penebangan hutan, atau deforestasi. Foto: ANTARA.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus berupaya menekan laju deforestasi hutan dengan berbagai cara.

Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) Hanif Faisol Nurofik menegaskan selama ini KLHK bersama berbagai pihak terus berupaya melakukan pemantauan hutan untuk menekan laju deforestasi setiap tahunnya.

"Berbagai upaya serius telah dilakukan oleh seluruh jajaran kerja KLHK di mana pun berada, dari tingkat tapak sampai Manggala Wanabakti (pemerintah pusat). Di sini KLHK bertugas memberi arahan bagaimana pengelolaan hutan bisa diimplementasikan di tingkat tapak," ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan ini juga mengungkapkan selama hampir 10 tahun, KLHK telah melakukan berbagai macam corrective action melalui kebijakan pengelolaan hutan.

Dalam hal ini, pemerintah pusat memberikan regulasi yang menjadi dasar implementasi di tingkat tapak.

"Beberapa regulasi penting, salah satunya adalah Ibu Menteri (LHK) melalui Keputusan Presiden telah memberikan penegasan tidak ada lagi kegiatan apapun, termasuk pemanfaatan maupun penggunaan hutan di dalam hutan primer," tegasnya.

"Berdasarkan peta indikatif, 6,6 juta hektare (lahan hutan primer) tidak bisa diganggu. Sehingga semua kegiatan lapangan yang berada di posisi itu wajib dikonfirmasi kepada pihak terkait kehutanan. Ini kemudian mengerem laju deforestasi dengan cukup signifikan," sambungnya.

Selanjutnya dalam pengusahaan lahan, KLHK menerapkan multiusaha kehutanan, yakni kegiatan usaha selain pemanfaatan hasil hutan kayu.

Lewat program corrective pction, pemerintah sukses turunkan deforestasi hingga jutaan hektare. Berikut penjelasan lengkapnya
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News