Hasil Pemeriksaan Iptu Rudiana Dinilai Janggal, Reza Indragiri Sentil Polri

Minggu, 23 Juni 2024 – 20:45 WIB
Hasil Pemeriksaan Iptu Rudiana Dinilai Janggal, Reza Indragiri Sentil Polri - JPNN.com Jabar
Reza Indragiri Amriel. Foto: Andika Kurniawan/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Ahli Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel menyoroti dugaan keterlibatan Iptu Rudiana, ayah dari korban Eky dalam pembunuhan Vina di Cirebon tahun 2016 silam.

Iptu Rudiana pun sudah menjalani pemeriksaan oleh Propam dan Itwasum Polri. Hasilnya, yang bersangkutan dinilai tidak terlibat dan tidak ada kode etik profesi kepolisian yang dilanggar.

Reza pun mengomentari pernyataan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho dalam konferensi pers yang digelar di Mabes Polri Jakarta pada Rabu (19/6/2024) lalu.

Saat itu, Kadiv Humas menyatakan, jika Iptu Rudiana sebagai ayah korban, telah diperiksa oleh Propam maupun dari Itwasum.

Menurut Reza, pemeriksaan terhadap Iptu Rudiana sebagai ayah korban, jelas tidak melanggar kode etik profesi karena tidak dikaitkan dengan profesi kepolisian.

“Pernyataan Kadiv Humas itu membingungkan. Mengapa, dalam pemeriksaan, Iptu Rudiana diposisikan selaku ayah korban? Jelas, tidak ada satu butir pun dalam Kode Etik Profesi Kepolisian yang Rudiana langgar, ketika empat jenis etika Polri dihadap-hadapkan ke Rudiana selaku orangtua korban,” kata Reza kepada JPNN, Minggu (23/6/2024).

Pakar penyandang gelar MCrim dari University of Melbourne Australia itu menambahkan, bahwa apa pun itu, karena pemeriksaan—mungkin sidang—etik diselenggarakan secara tertutup, mala tidak ada yang bisa masyarakat sanggah.

Mekanisme banding pun hanya disediakan bagi terduga pelanggar, yakni personel Polri sendiri.

Ahli Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel menyoroti dugaan keterlibatan Iptu Rudiana, ayah dari korban Eky dalam pembunuhan Vina di Cirebon tahun 2016 silam
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News