Lewat Program Penari, 1.515 Balita di Purwakarta Jadi Target Imunisasi

Minggu, 05 Mei 2024 – 07:30 WIB
Lewat Program Penari, 1.515 Balita di Purwakarta Jadi Target Imunisasi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi imunisasi. Foto: Dok Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta berhasil melakukan imunisasi ribuan balita yang tersebar di 17 kecamatan sekitar Purwakarta pada momentum Sepekan Mengejar Imunisasi (Penari).

"Balita yang menjadi target imunisasi adalah anak-anak usia 0-24 bulan. Imunisasi kami lakukan di 20 Puskesmas dan Posyandu di seluruh wilayah Purwakarta," kata Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Deni Darmawan.

Ia menyampaikan sesuai dengan data Dinas Kesehatan Purwakarta, sebanyak 1.393 balita berhasil diimunisasi atau mencapai 91,9 persen dari dari total target sebanyak 1.515 balita di Purwakarta.   

Dalam menyukseskan pekan imunisasi massal tersebut, kata dia, terdapat 80 tenaga medis, dokter, perawat dan bidan desa yang diterjunkan untuk menjaring dan melayani imunisasi.

"Kami juga mendapatkan bantuan personel kecamatan, kelurahan dan desa, serta aparat TNI-Polri. Sinergi semua personel dari berbagai institusi itu mampu mengejar target maksimal dalam menjaring peserta imunisasi," katanya.

Ia menjelaskan pemberian imunisasi tersebut di antaranya bertujuan untuk mencegah anak dari berbagai penyakit yang terkelompok dalam Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I), yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

"PD3I hanya bisa dicegah melalui imunisasi sejak dini untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus di antaranya cacar, campak-rubela, pertusis (batuk 100 hari), difteri, tetanus neonatorum, dan penyakit polio," kata Deni.

Imunisasi diberikan kepada anak-anak balita untuk membentuk antibodi yang siap melawan jenis penyakit serta membentuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terjangkit berbagai jenis penyakit.

Melalui program Sepekan Mengejar Imunisasi (Penari) 1.515 balita di Purwakarta jalani imunisasi di 20 puskesmas dan posyandu
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News