Produksi Ikan di Keramba Jaring Apung Purwakarta Capai 106.155 Ton

Minggu, 05 Mei 2024 – 12:00 WIB
Produksi Ikan di Keramba Jaring Apung Purwakarta Capai 106.155 Ton - JPNN.com Jabar
Potret keramba jaring apung yang menyumbang sebagian besar produksi ikan air tawar terbesar di Kabupaten Purwakarta. Foto: Antara.

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta menyebutkan keramba jaring apung menyumbang produksi ikan air tawar terbesar di daerah tersebut.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta, Siti Ida Hamidah mengatakan bahwa saat ini kapasitas produksi ikan air tawar di wilayah Purwakarta mencapai 108.475 ton per tahun.

Ia menyampaikan produksi ikan air tawar itu dihasilkan melalui budidaya ikan air tawar di keramba jaring apung Waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata.

Selain itu juga dihasilkan dari budidaya kolam air deras dan kolam air tenang yang tersebar di 17 kecamatan di seluruh wilayah Purwakarta.

Ida menyebutkan, dari total produksi 108.475 ton ikan air tawar, produksi terbesarnya dihasilkan dari ikan air tawar keramba jaring apung Waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata, yang mencapai 106.155 ton.

Kemudian produksi dari kolam air tenang sebanyak 1.887,50 ton, dan kolam air deras yang mencapai 432,87 ton. Budidaya kolam air tenang dan kolam air deras ini dikelola oleh 123 kelompok petani ikan air tawar.

"Produksi perikanan di KJA (keramba jaring apung) Waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata masih menjadi paling besar," katanya.

Untuk jenis ikan yang dihasilkan meliputi ikan nila, ikan mas, ikan bawal, dan ikan patin. Sementara melalui kolam air tenang dan kolam air deras, jenis ikan yang banyak dibudidayakan adalah jenis ikan Gurame," kata Ida.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta menyebutkan produksi ikan di Keramba Jaring Apung Purwakarta capai 106.155 ton
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News