143 Pompa Air Disiapkan Pemkab Purwakarta Untuk Mencegah Kekeringan Lahan di Musim Kemarau

Senin, 06 Mei 2024 – 15:30 WIB
143 Pompa Air Disiapkan Pemkab Purwakarta Untuk Mencegah Kekeringan Lahan di Musim Kemarau - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pompa air untuk mengairi sawah. Foto: Antara.

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Purwakarta menyiapkan ratusan pompa air untuk areal persawahan guna mengantisipasi berkurangnya pasokan air di musim tanam di tengah cuaca kemarau.

"Memasuki musim tanam kemarau biasanya ditandai dengan berkurangnya pasokan air untuk areal persawahan. Ini akan menjadi perhatian serius kami untuk mengatasinya," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Purwakarta, Sri Jaya Midan.

Ia menyampaikan di antara langkah antisipasi berkurangnya pasokan air di musim kemarau ialah dengan menyiapkan ratusan pompa penyuplai air yang akan disebar ke areal persawahan seluruh Purwakarta.

Menurut dia, sebanyak 143 pompa air disiapkan yang kemudian akan disebar ke 143 titik areal persawahan di 17 kecamatan se-Purwakarta.

Untuk pompa air yang disiapkan ini di antaranya pompa ukuran 3 inch, 4 inch dan ukuran 6 inch.

Disebutkan bahwa kapasitas suplai air untuk pompa ukuran 3 dan 4 inch mampu mengairi areal persawahan seluas 8 hektare. Sedangkan untuk pompa ukuran 6 inch mampu menyuplai air untuk sawah seluas 11 hektare sawah.

Ia mengatakan pompa air tersebut akan dimanfaatkan untuk para petani yang tergabung dalam kelompok tani yang terdaftar dalam Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian.

"Jadi seluruh pompa air yang ada itu akan kita serahkan ke kelompok tani yang tersebar di seluruh Purwakarta. Kelompok tani yang akan menerima pompa-pompa air itu masih kita data. Kita ingin memastikan semua pompa itu bisa tepat sasaran," kata Midan

Pemkab Purwakarta menyiapkan 143 pompa air untuk mencegah kekeringan lahan dan areal persawahan di tengah musim kemarau mendatang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News