FTMD ITB Fasilitasi Ruang Kreatif Mahasiswa Melalui Maker Innovation Space 

Kamis, 25 April 2024 – 19:51 WIB
FTMD ITB Fasilitasi Ruang Kreatif Mahasiswa Melalui Maker Innovation Space  - JPNN.com Jabar
Salah satu produk karya mahasiswa yang lahir di ITB Maker Innovation Space. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Fakultas Teknik Mesin Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB) berkolaborasi dan bermitra dengan Arizona State University (ASU), melalui United States Agency International Development-Higher Education Partnership Initiative (USAID-HEPI). 

Kolaborasi ini guna meningkatkan standar mutu untuk memenuhi standar kelas dunia melalui ITB Maker Innovation Space. 

ITB Maker Innovation Space menghadirkan fasilitas kreasi, inovasi, dan purwarupa di Kampus Ganesha ITB. 

Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Prof Tatacipta Dirgantara, mengatakan, fasilitas ini adalah sebuah ruang kolaboratif yang dilengkapi dengan peralatan dan sumber daya tercanggih.

“Fasilitas ini bisa digunakan oleh mahasiswa, dosen, dan komunitas dalam mengeksplorasi, merancang, dan mewujudkan ide-ide mereka, membuat prototipe untuk menguji ide-ide baru, mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, berkolaborasi dan belajar dan bekerjasama dalam tim,” kata Prof Tata saat jumpa pers di Gedung FTMD, Kamis (25/4). 

Maker Innovation Space ini merupakan area penting untuk pendidikan teknik di ITB, karena mahasiswa bisa memperoleh pengalaman penting seperti merancang dan membuat suatu produk dan mencobanya.

“Tantangan mahasiswa saat ini adalah menyelesaikan masalah yang ada. Mereka harus melakukan desain, perancangan, pembuatan, dan mencoba menerapkannya di masyarakat,” ujarnya. 

Sementara itu Associate Vice Provost, Arizona State University, USAID – HEPI, Mr. Jeff Goss mengatakan project ini akan berlangsung selama 5 tahun ke depan dan dampaknya akan ada kolaborasi berkepanjangan seumur hidup.

FTMD ITB bersama USAID-HEPI menghadirkan ruang kreatif yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk menciptakan sebuah ide dan karya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News