Rektorat ITB Buka Suara Soal Polemik Bayar Kuliah Pakai Pinjol Danacita

Rabu, 31 Januari 2024 – 17:25 WIB
Rektorat ITB Buka Suara Soal Polemik Bayar Kuliah Pakai Pinjol Danacita - JPNN.com Jabar
Rektorat ITB dalam konferensi pers polemik pembayaran UKT di Gedung Rektorat, Jalan Taman Sari, Kota Bandung, Rabu (31/1). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Reini Wirahadikusumah buka suara terkait polemik pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) menggunakan pinjaman online (pinjol) Danacita. 

Dalam pesan yang dibacakan oleh Plh Sekretaris ITB Taufiq Hidayat, Reini mengaku terkejut dengan mencuatnya isu pinjol dalam pembayaran UKT untuk semester I 2023/2024.

Padahal, menurutnya, kerja sama Danacita adalah salah satu cara ITB memberi kemudahan pendanaan kuliah. 

"Mohon maaf kami kurang sensitif, sehingga di laman perwalian membuat kaget, sehingga isu stigma pinjol yang lebih mencuat. Padahal Danacita hanya salah satu dari banyak cara bantuan pendanaan kuliah di ITB. Lengkapnya ada di laman Direktorat Kemahasiswaan," kata Taufiq dalam konferensi pers di Gedung Rektorat ITB, Jalan Taman Sari, Kota Bandung, Rabu (31/1). 

"Sudah ada sosialisasi juga di Rakor rutin, tapi memang kami sedang terus memperbaiki sistem untuk komunikasi efektif dengan warga," imbuhnya.

Ia menjelaskan, opsi pembiayaan pembayaran UKT melalui Danacita bisa memanfaatkan oleh kalangan mahasiswa tertentu. 

Namun, Dia menganjurkan, mahasiswa S1 yang mengalami kendala ekonomi, untuk tidak menggunakan platform pinjol tersebut. 

"Opsi ini bisa untuk kebutuhan mahasiswa tertentu, misalnya MBA, Program Profesi, dan lain sebagainya, yang berinvestasi bagi karir mereka. Tentu bukan untuk mahasiswa S1 kurang mampu, tidak akan lolos review dari lembaga non bank tersebut," jelasnya.

Rektorat ITB memberi penjelasan ihwal polemik bayar kuliah pakai pinjol Danacita.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News