ITB Dorong Pemerintah Dukung Produksi Bahan Bakar Sawit

Kamis, 01 Februari 2024 – 14:30 WIB
ITB Dorong Pemerintah Dukung Produksi Bahan Bakar Sawit - JPNN.com Jabar
Institut Teknologi Bandung (ITB) mendorong pemerintah untuk mendukung produksi bahan bakar sawit dengan membuat regulasi dan standardisasi. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) mendorong pemerintah untuk mendukung produksi bahan bakar sawit dengan membuat regulasi dan standardisasi, lantaran Indonesia dianggap memiliki sumber daya manusia dan infrasutruktur yang memadai.

Anggota Tim Pengembang Katalis pada Pusat Rekayasa Katalis ITB, IGBN Makertihartha menuturkan saat ini Indonesia memiliki peluang yang sangat besar sebagai negara penghasil bahan bakar nabati yang berbahan dasar kelapa sawit.

Namun sangat disayangkan, pemerintah belum secara maksimal memfasilitasi produksi bahan bakar nabati, melalui regulasi dan standardisasi produksi bahan bakar sawit.

Dirinya menyebut saat ini ITB telah mengembangkan katalis dan proses untuk mengkonversi minyak nabati menjadi bahan bakar sawit.

"Walaupun masih diperlukan pengembangan lebih lanjut, tetapi usaha riset dan realisasinya terus dilakukan secara intensif," ujarnya.

Dia menyebut Indonesia memiliki sumber daya manusia dan infrastruktur yang telah berhasil memproduksi diesel dan avtur dari sawit.

Tentu hal tersebut membuktikan bahwa Indonesia mampu menciptaka buffer untuk menyerap produk sawit berapapun besarnya untuk dioleh menjadi bahan bakar.

"Namun, masih diperlukan kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan dan keberpihakan pemerintah, agar dapat dilakukan dengan baik,” ucapnya.

ITB mendorong pemerintah untuk mendukung produksi bahan bakar sawit, dengan membuat regulasi dan standarisasi SNI untuk program tersebut.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News