Dukung Indonesia Bersih 2025, MR.DIY Ajak UMKM Jabar Jalankan Program Pilah Sampah

Kamis, 28 Maret 2024 – 21:40 WIB
Dukung Indonesia Bersih 2025, MR.DIY Ajak UMKM Jabar Jalankan Program Pilah Sampah - JPNN.com Jabar
Dukung Target Indonesia Bersih Sampah 2025, MR.DIY Ajak Pelaku UMKM Jabar jalankan program berkelanjutan. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Permasalah sampah merupakan sebuah tanggungjawab bersama bagi seluruh masyarakat Indonesia. Seiring dengan adanya perubahan iklim, semangat pilah sampah mulai menggelora demi mendukung Indonesia bersih 2025.

Seperti halnya yang dilakukan ritel MR.DIY yang berinisiatif menggencarkan kegiatan holistik yakni reuse, reduce, recycle (3R) dengan hastag #PilahSampahLebihMudah melalui edukasi terkait pengelolaan sampah serta pemanfaatan barang bekas. Termasuk bersinergi dengan Rekosistem dalam penempatan dropbox recycle station di 10 toko MR.DIY yang tersebar strategis di wilayah Jabodetabek, Bandung dan Surabaya.

Lalu melakukan program berkelanjutan, merangkul Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Barat mengadakan workshop Pengembangan Usaha Berkelanjutan dan Menguntungkan bagi pelaku UMKM dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan di kota Bandung.

“Berdasarkan data, Jawa Barat merupakan provinsi tiga besar dengan jumlah UMKM terbanyak di Indonesia. Oleh karena itu, UMKM menjadi salah satu aspek yang cukup besar untuk diedukasi dan dikembangkan terkait manajemen pemilahan dan pengolahan sampah," ujar Head of Legal MR.DIY Indonesia Rian Mochtar Aziz Thamrin dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Kamis (28/3).

Sementara itu, VP of Operations Rekosistem Yohanes David menuturkan, untuk melengkapi orogram recycle MR.DIY pihaknya akan menghadirkan dropbox recycle station, guna membantu masyarakat memilah sampah.

“Ini merupakan salah satu cara untuk mendukung konsep recycle atau mengolah kembali sampah menjadi bahan yang bisa digunakan kembali. Para pelanggan MR.DIY maupun pelaku UMKM bisa menyetorkan sampah anorganik ke drop box yang sudah disediakan. Nantinya seluruh sampah yang dikumpulkan akan didata dan dipilah ulang melalui Rekosistem waste hub dan diproses pada recycling center,” ucapnya.

Dukung Target Indonesia Bersih Sampah 2025, MR.DIY Ajak Pelaku UMKM Jabar jalankan program berkelanjutan.

Redaktur & Reporter : Ridwan Abdul Malik

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News