Amien Rais Singgung Pondok Pesantren Al-Zaytun Warisan Orde Baru

Rabu, 28 Juni 2023 – 16:30 WIB
Amien Rais Singgung Pondok Pesantren Al-Zaytun Warisan Orde Baru - JPNN.com Jabar
Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais seusai mengisi khotbah salat Iduladha di Lapangan Transmart, Jalan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu (28/6). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais ikut memberikan komentarnya soal Pondok Pesantren Al-Zaytun yang tengah menjadi sorotan publik.

Ia menilai, pesantren itu merupakan buatan Orde Baru dan ada pihak yang memelihara serta mendanai khusus aktivitas di pesantren pimpinan Panji Gumilang tersebut.

Meski begitu, Ia tak memerinci identitas dari pihak yang dimaksud.

“Jadi, kalau saya sederhana melihatnya, ini memang produksi dari Orde Baru. Jadi caranya melihat mudah sekali, Wat tini Waz zaitun, Masjid At-Tin dan (pesantren) Zaytun. Saya kira sama sponsornya,” kata Amien ditemui seusai menjadi khatib di Jalan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu (28/6).

Lebih lanjut, mantan Ketua MPR itu meminta agar polemik terkait dengan Ponpes Al-Zaytun segera dihentikan.

Alangkah baiknya, aktivitas di pesantren segera diserahkan kepada ulama-ulama dari Nahdlatul Ulama, Persis, ataupun Muhammadiyah agar tak ada ajaran yang menyimpang.

“Saya kira cepat saja. Kasus itu diselesaikan, ditutup. Kemudian, saya kira asetnya enggak usah diambil alih ya tapi dibuat pesantren yang menurut ulama-ulama, MUI, ulama-ulama NU yang pasti lebih tau agama daripada Panji Gumilang,” jelasnya.

“Juga ulama Muhammadiyah, Persis, Wasliah, dan lain sebagainya itu diminta bersama-sama meneruskan pesantren yang lurus, yang istikamah, yang tidak menyeleweng,” sambungnya. (mcr27/jpnn)

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais mengungkapkan kalau keberlangsungan Ponpes Al-Zaytun ada yang mendanai dan memelihara. Singgung Orde Baru.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News