Besok PPDB Jenjang SMA Sederajat 2023 Dibuka, Cek Informasi Lengkapnya di Sini

Senin, 05 Juni 2023 – 17:10 WIB
Besok PPDB Jenjang SMA Sederajat 2023 Dibuka, Cek Informasi Lengkapnya di Sini - JPNN.com Jabar
Kadisdik Jabar, Wahyu Mijaya, saat mengecek persiapan PPDB 2023. Foto : Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK dan SLB Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2023 akan segera dibuka.

Kadisdik Jabar, Wahyu Mijaya mengatakan pendaftaran tahun ini tidak banyak mengalami perubahan, mengingat acuan utamanya masih tetap sama, yaitu Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. 

Demikian pula aturan pada tingkat daerah, masih mengacu pada Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 29 Tahun 2021, tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru pada SMA, SMK dan SLB, serta Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 21 Tahun 2022 tentang Perubahan Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 29 Tahun  2021 Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Pada SMA, SMK dan SLB.

"Secara umum, aturan PPDB tidak banyak perubahan. Adapun revisi sifatnya penyempurnaan, menindaklanjuti hasil evaluasi PPDB tahun 2022, baik dari internal maupun eksternal," ucapnya, Senin (5/6).

Beberapa penyempurnaan, yakni penegasan Kartu Keluarga (KK) paling sedikit sudah berdomisili satu tahun sebagai aturan dari Permendikbud.

Hal ini, untuk menghindari perpindahan calon peserta didik fiktif yang hanya mendekati lokasi sekolah agar diterima melalui jalur zonasi yang dapat merugikan/menggeser hak calon peserta didik yang secara riil berdomisili dekat sekolah. 

"Untuk PPDB 2023, telah dikembangkan aplikasi yang dapat mengakses PPDB menggunakan mobile device (perangkat HP), hasil kerja sama dengan Diskominfo Jabar, di mana informasi PPDB terkoneksi dengan aplikasi Sapawarga untuk pendaftaran PPDB tahap 2," jelasnya. 

Tahun ini, ada perubahan pengaduan hanya di satu device. Di situ bisa dilakukan pendaftaran, pengaduan, dan lain-lain, termasuk tracking-nya.

PPDB jenjang SMA sederajat akan segera dibuka, untuk tahap pertama berlangsung dari 6 hingga 10 Juni 2023. Cek informasi lengkapnya di sini!
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News