Kecewa Dengan PPDB Jalur Zonasi, Puluhan Mak-mak di Bogor Gelar Aksi Unjuk Rasa

Selasa, 25 Juli 2023 – 14:10 WIB
Kecewa Dengan PPDB Jalur Zonasi, Puluhan Mak-mak di Bogor Gelar Aksi Unjuk Rasa - JPNN.com Jabar
Potret puluhan mak-mak saat menggelar aksi unjuk rasa di SMAN 3 Kota Bogor. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Puluhan mak-mak menggelar aksi unjuk rasa di depan SMAN 3 Kota Bogor pada Selasa (25/7) pagi.

Aksi unjuk rasa itu terjadi buntut banyaknya indikasi kacurangan pada proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Bogor.

Dengan membawa spanduk, poster, hingga peralatan dapur, puluhan mak-mak itu menyuarakan protes dan rasa kekecewaannya.

Ketua Dewan Pimpinan Keluarga Besar Marhaenis Kota Bogor, Atty Somaddikarya mengatakan unjuk rasa ini merupakan wujud kekecewaan mendalam mak-mak terhadap pelaksanaan PPDB jenjang SMA di jalur zonasi.

"Kepala sekolah pasti paham jeritan seorang ibu. Seharusnya mereka ikut aturan yang sudah ditetapkan, peserta yang sudah terbukti curang seharusnya mundur dengan kesadaran diri," katanya, Selasa (25/7).

Selain itu, dirinya menyoroti kinerja Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan yang menurutnya harus berdiri di atas kepentingan rakyat agar masyarakat bisa menikmati akses pendidikan dengan mudah dan gratis.

"Jangan rampas hak pendidikan dengan kecurangan, manipulasi data. Kalau sudah begitu keadilan jauh dari rakyat," ungkapnya.

Dirinya meminta agar Gubernur Jawa Barat dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi segera mengeksekusi pelaku kecurangan dalam PPDB dan segera mengevaluasi kekurangan sekolah yang menyebabkan timbulnya problematika dalam PPDB.

Dinilai banyak terjadi kecurangan pada PPDB jalur zonasi jenjang SMA, puluhan orang tua siswa di Bogor lakukan aksi unjuk rasa.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News