Pengamat Pendidikan Sepakat dengan Presiden Soal Penghapusan Sistem Zonasi PPDB

Sabtu, 12 Agustus 2023 – 12:40 WIB
Pengamat Pendidikan Sepakat dengan Presiden Soal Penghapusan Sistem Zonasi PPDB - JPNN.com Jabar
Ilustrasi PPDB SMP. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Lembaga Bantuan Pemantau Pendidikan (LPB2) Jawa Barat sepakat dengan Presiden Joko Widodo yang mempertimbangkan dihapusnya sistem zonasi dalam proses Peneriman Peserta Didik Baru (PPDB).

Asep menuturkan, untuk sementara baiknya sistem zonasi dihilangkan hingga infrastuktur pendidikan di Indonesia terpenuhi.

“Jadi, sebetulnya lebih baik untuk saat ini zonasi untuk tahun depan itu dihilangkan saja dulu,” katanya dikutip, Sabtu (12/8).

Pria yang karib disapa Aa Maung itu mengungkapkan, PPDB dengan sisten zonasi sudah memunculkan banyak permasalahan. 

Tidak hanya dari sisi administratif, sistem zonasi juga sudah mengarah kepada tindak pidana, seperti memanipulasi Kartu Keluarga (KK).

“Kalau sekarang dipaksakan tetap menggunakan sistem zonasi, saya khawatir lama kelamaan akan muncul banyak pelanggaran yang sifatnya merugikan orang banyak, termasuk pemalsuan KK, dokumen lainnya didukung dengan sarana dokumen yang palsu,” ucapnya.

Ia menegaskan, PPDB sistem zonasi belum ideal diterapkan di Indonesia. Selain infrastuktur, kualitas sekolah yang belum merata menjadi hal yang mendasar mengapa sistem zonasi tak tepat diterapkan di Indonesia.

“Karena, belum pemerintah siap untuk menyiapkan segala sesuatunya termasuk fasilitasi untuk masyarakat, ketersediaan sekolah-sekolah yang baru, zonasi dihentikan saja dulu,” jelasnya.

LPB2 Jabar merespons pernyataan Presiden Jokowi yang mempertimbangkan dihapusnya sistem zonasi dalam proses PPDB.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News