5 Skema Jalur PPDB SMA/SMK, Orang Tua Wajib Tahu!

Jumat, 02 Juni 2023 – 16:40 WIB
5 Skema Jalur PPDB SMA/SMK, Orang Tua Wajib Tahu! - JPNN.com Jabar
Ilustrasi PPDB siswa SMA/SMK. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) sudah mengumumkan pembukaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 Tingkat SMA/SMK/SLB untuk wilayah Jawa Barat, termasuk Kota Depok, yang akan dimulai pada 6 Juni 2023.

Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah II Jabar, Asep Sudarsono mengimbau agar para orang tua dapat mempersiapkan kelengkapan administrasi.

"Kami imbau kepada orang tua, yang memiliki putra putri dan melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan menengah, baik SMA/SMK/SLB untuk segera mempersiapkan kelengkapan administrasi sesuai persyaratan. Karena, tanggal 6 Juni 2023 PPDB sudah kami buka," ucapnya, Jumat (2/6).

Dia menjelaskan terdapat lima jalur PPDB yang bisa digunakan para orang tua untuk mendaftarkan putra putrinya, yakni jalur afirmasi yang diperuntukkan bagi Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang berasal dari Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM).

Kemudian, bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) meliputi penyandang disabilitas dan anak cerdas istimewa, serta bakat istimewa dan afirmasi kondisi tertentu.

"Ada jalur perpindahan tugas orang tua/wali/anak guru, yang diperuntukan bagi CPDB yang mengikuti perpindahan domisili orang tua/wali karena perpindahan tempat tugas," jelasnya.

Kemudian, ada juga jalur prestasi melalui nilai rapor, dengan menggunakan nilai kognitif rapor dari semester satu hingga semester lima.

Ada juga jalur prestasi kejuaraan, dengan menggunakan piagam prestasi kejuaran yang diperoleh calon peserta didik atau menggunakan uji kompetensi yang dilakukan satuan pendidikan tujuan.

PPDB tingkat SMA/SMK se-Jawa Barat akan dibuka pada 6 Juni mendatang, terdapat lima jalur PPDB yang bisa digunakan, simak penjelasan lengkapnya di sini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News