Pemkab Bandung Catat Sebanyak 968 Ton Sampah Tidak Tertangani

Rabu, 26 Januari 2022 – 20:40 WIB
Pemkab Bandung Catat Sebanyak 968 Ton Sampah Tidak Tertangani - JPNN.com Jabar
Tumpukan sampah. Ilustrasi. Foto: Dean Pahrevi/JPNN

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mencatat ada 1.268 ton timbunan sampah per hari di wilayahnya. 

Namun, dalam sehari petugas hanya mampu mengangkut sampah sekitar 300 ton, sehingga 968 ton sampah tidak tertangani. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusumah mengatakan, penanganan sampah terkendala karena jumlah armada pengangkut sampah yang belum ideal.

Katanya, saat ini Pemkab Bandung hanya memiliki 109 unit armada, sementara jumlah idealnya sebanyak 750 unit. 

"Kami memang terkendala armada. Jadi setiap harinya itu 109 armada hanya bisa mengangkut 280-300 ton per hari," kata Asep di Bandung, Rabu (26/1).

Menurut Asep, penghitungan produksi sampah per hari itu mengacu pada kebijakan strategi daerah yang tertuang dalam Perbub Bandung Nomor 68 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Berdasarkan Perbub tersebut satu orang berpotensi membuang sampah 0,35 kilogram per hari.

Selain keterbatasan armada, 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung dilayani oleh empat Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Sampah yang masing-masingnya melayani tujuh hingga delapan kecamatan. 

"Bukan itu saja, kondisi TPA Sarimukti yang sudah overload, mengakibatkan antrean panjang truk pengangkutan sampah dari masyarakat se-Bandung Raya," ujar Asep. 

Pemkab Bandung mencatat sebanyak 968 ton sampah di wilayah Kabupaten Bandung tidak tertangani dikarenakan minimnya armada pengangkut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News