Kesaksian Warga Saksikan Dahsyatnya Angin Puting Beliung Porak-porandakan Bangunan di Rancaekek

Rabu, 21 Februari 2024 – 20:40 WIB
Kesaksian Warga Saksikan Dahsyatnya Angin Puting Beliung Porak-porandakan Bangunan di Rancaekek - JPNN.com Jabar
Sejumlah jongko tempat berjualan pedagang kaki lima di sekitar Jalan Raya Rancaekek, Kabupaten Bandung, hancur setelah diterangkan angin puting beliung pada Rabu (21/2) sore. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Angin puting beliung menerjang kawasan Kabupaten Bandung dan sebagian wilayah Sumedang pada Rabu (21/2) sore.

Pantauan jpnn di lokasi, tampak sisa amukan puting beliung di kawasan Jalan Rancaekek, kabupaten Bandung. Sejumlah pohon tumbang dan bangunan yang ada di sisi kanan dan kiri jalan rusak. Aliran listrik pun diputus selama proses evakuasi berlangsung.

Petugas kepolisian, TNI, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah berada di lokasi untuk melakukan penanganan bencana.

Selain itu, dikarenakan titik bencana berada di sekitar jalan utama, kepadatan arus lalu lintas pun tak dapat terelakkan, terutama untuk arus lalu lintas dari arah Bandung menuju ke Garut. Kendaraan mulai dari mobil, motor, bus, hingga truk melaju tersendat.

Sementara itu, berdasarkan data sementara yang diperoleh dari BPBD Jabar, puting beliung mengakibatkan bangunan yakni PT Kwalram, Kawasan Industri Dwipapuri, Borma Rancaekek, asrama Brimob Polda Jabar, hingga minimarket di Kecamatan Jatinangor mengalami kerusakan.

Salah seorang penjual warteg di sekitar Jalan Raya Rancaekek Neni (40) mengatakan, peristiwa puting beliung terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

Menurutnya, putaran angin yang menerjang begitu besar dan kuat hingga membuatnya ketakutan.

"Gede pisan (besar sekali). Menakutkan," kata Neni ditemui di lokasi.

Kesaksian seorang penjual warung tegal Neni menyaksikan dahsyatnya kekuatan angin puting beliung mengamuk di kawasan Rancaekek, Kabupaten Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News