PT Bandung Perberat Vonis Doni Salmanan Menjadi 8 Tahun Penjara

Rabu, 22 Februari 2023 – 12:00 WIB
PT Bandung Perberat Vonis Doni Salmanan Menjadi 8 Tahun Penjara - JPNN.com Jabar
Doni Salmanan si crazy rich Bandung. ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Majelis hakim Pengadilan Tinggi (PT) Bandung memperberat vonis hukuman terdakwa kasus aplikasi Quotex Doni Salmanan menjadi 8 tahun penjara.

Vonis tersebut jauh lebih berat dibandingkan putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Bale Bandung yang hanya memutus 4 tahun penjara.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 8 tahun dan pidana denda sebesar Rp 1 miliar, dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan," tulis amar putusan banding 1/Pid.Sus/2023/PT BDG yang tertuang di laman SIPP PN Bale Bandung, Rabu (22/2). 

Majelis hakim yang diketuai Catur Irianto itu dengan anggota Hidayatul Manan dan Agus Suwargi menerima banding dari penuntut umum pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bandung.

Putusan itu pun membatalkan putusan PN Bale Bandung dengan nomor 576/Pid.Sus/2022/PN Blb tanggal 15 Desember 2022.

"Menyatakan bahwa terdakwa Doni Muhammad Taufik alias Doni Salmanan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan," tulis kutipan di amar putusan.

Akibat menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, hakim menilai perbuatannya merugikan konsumen dalam transaksi elektronik sebagaimana dalam dakwaan kesatu pertama dan tindak pidana pencucian uang sebagaimana dakwaan kedua pertama.

"Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan dan menetapkan terdakwa tetap berada dalam tahanan," sambung isi kutipan.

PT Bandung memperberat vonis Doni Salmanan, terdakwa kasus aplikasi Quotex menjadi 8 tahun penjara.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News